Wonosobo (Antara Bali) - Pengunjung objek wisata Telaga Warna di dataran tinggi Dieng Kabupaten Wonosobo turun sekitar 70 persen sejak terjadi peningkatan status Kawah Timbang di Batur, Banjarnegara.

Karyawan objek wisata Telaga Warna, Khodik di Wonosobo, Selasa, menyebutkan, pengunjung pada hari normal sebelumnya untuk Senin-Jumat berkisar 80 hingga 90 pengunjung, sedangkan Sabtu-Minggu bisa mencapai 400 hingga 500 pengnjung.

"Namun, kondisi pengunjung di sini turun drastis sejak peningkatan status Kawah Timbang sekitar dua bulan lalu," ungkapnya. Ia mengatakan, pengurangan pengunjung tersebut paling banyak dari rombongan wisata keluarga, meskipun rombongan melalui biro wisata juga berkurang.

"Khusus rombongan dari biro wisata biasanya menghubungi kami sebelum memutuskan untuk berangkat apakah kondisinya aman," ucapnya.

Ia mengatakan, kondisi objek wisata Kawah Timbang cukup aman karena jarak dari Kawah Timbang sekitar 15 kilometer.

"Masyarakat tidak usah khawatir untuk berkunjung ke Telaga Warna karena jaraknya cukup jauh dari Kawah Timbang meskipun sama-sama di kawasan dataran tinggi Dieng," tuturnya.

Di sekitar Telaga Warna pengunjung juga bisa berwisata ke Dieng Plateau Theater, dan Kawah Sikidang yang sudah masuk wilayah Banjarnegara. (LHS)

Pewarta: Oleh: Heru Suyitno

Editor : Ni Luh Rhismawati


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013