Manila (Antara Bali) - Belanja online atau online shopping semakin populer dan diminati di Filipina karena dinilai praktis oleh konsumen yang tidak perlu harus berdiri antri untuk membayar belanjaan mereka di toko secara fisik.

Zenaida Maglaya, Wakil Sekretatis Departemen Perdagangan dan Industri Filipina, kepada ABS-CBNnews di Manila, Minggu mengatakan berbagai toko online telah demikian populer di Filipina.

"Toko online saat ini lebih dipilih daripada toko fisik karena masyarakat menilai barang yang dibeli dari mereka dianggap lebih murah," katanya.

Namun, ia mengingatkan agar konsumen selalu mengecek validitas toko online tempat mereka belanja sebelum memutuskan untuk membayar transaksi secara online.

"Setiap kali mereka melihat sesuatu secara online yang sedang ditawarkan, mereka harus jeli dan rajin bertanya kepada orang-orang yang berpengalaman dalam bisnis online. Apakah mereka pernah belanja di toko online itu atau belum. Apakah toko online itu terpercaya atau tidak," kata Maglaya.

Dia mencatat, toko online atau penjual biasanya memiliki form umpan balik atau feedback yang akan sangat berguna bagi pembeli untuk mengecek komentar konsumen dari transaksi yang telah terjadi sebelumnya.

Maglaya menekankan konsumen harus berhati-hati ketika membeli barang secara online.

"Kita harus cukup bertanggung jawab untuk memverifikasi dulu kredibilitas penjual, setidaknya melalui teman atau konsumen lain yang telah melakukan transaksi sebelumnya dengan toko atau orang," katanya. (*/DWA)

Pewarta:

Editor : Dewa Sudiarta Wiguna


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013