Denpasar (Antara Bali) - Laba bersih Telekomunikasi Selular (Telkomsel) pada 2012 mencapai Rp15,7 triliun atau tumbuh 22 persen dibandingkan 2011.

"Seluruh aspek bertumbuh 'double digit' dan melebihi rata-rata industri telekomunikasi Indonesia," kata Corporate Secretary Telkomsel, Asli Brahmana, dalam pers rilis yang diterima ANTARA di Denpasar, Rabu.

Menurut dia, kalau laba bersih naik 22 persen, pertumbuhan revenue juga naik tinggi sebesar 12 persen atau mencapai Rp54,5 trilun. Kenaikan juga terjadi pada pelanggan atau mencapai 17 persen menjadi 125 juta orang.

Semakin tingginya kepercayaan pelanggan kepada Telkomsel itu juga mengkuhkan perusahaan itu sebagai pemimpin pasar dimana andil pasarnya mencapai 55 persen dari tiga operator selular terbesar Indonesia.

"Saat ini Telkomsel juga merupakan operator dengan jumlah pelanggan terbesar nomor enam di dunia," kata Asli.

Ia mengatakan, pertumbuhan positif Telkomsel yang berkelanjutan tersebut menjadi pondasi yang kuat bagi perusahaan anak usaha PT.Telkom itu dalam menghadapi kompetisi di industri telekomunikasi yang semakin ketat di 2013 dan tahun-tahun ke depannya.

Untuk melayani lebih dari 125 juta orang pelanggannya dewasa ini, Telkomsel melakukan beragam inovasi "beyond telco"dan layanan telekomunikasi selular berbasis data dan digital bisnis, antara lain dengan layanan yang mendukung "less cash society" seperti T-Cash serta berbagai industri kreatif seperti "mobile application" dan "Value Added Services" (VAS) serta jasa lainnya.

Ia juga menjelaskan, Telkomsel pada 2012 telah menggelar lebih dari 11.675 BTS 3G sehingga menggenapkan jumlah BTS 3G perusahaan itu menjadi 15 ribu unit lebih.

Adapun total BTS Telkomsel sendiri sudah mencapai 54.297 unit.

Dalam upaya memandu perkembangan industri telekomunikasi selular di Indonesia memasuki era baru layanan "mobile broadband", Telkomsel secara konsisten mengimplementasikan roadmap teknologi 3G, HSDPA, HSPA+, serta menjadi operator pertama di Indonesia yang sukses melakukan uji coba layanan Long Term Evolution (LTE).

Kepercayaan akan kualitas layanan, juga membuat Telkomsel mendapat pengakuan baik secara nasional maupun internasional dengan jumlah penghargaan  yang mencapai lebih dari 100 seperti Indonesian Mobile Service Provider of the Year (Asia Pasific), Frost & Sullivan, Best GSM Operator of the Year (Selular Magazine Award) serta mencatatkan rekor Highest Number of Video Competition Digital Upload (Penghargaan MURI-Museum Indonesia). (GDE)

Pewarta: Pewarta: I Gede Wira Suryantala

Editor : I Nyoman Aditya T I


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013