Purwokerto (Antara Bali) - Sebanyak empat pusaka Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, dikirab dari Pendopo Wakil Bupati menuju Pendopo Si Panji di Purwokerto, Kamis siang.

Kirab Pusaka itu digelar dalam rangka Hari Jadi Ke-431 Kabupaten Banyumas yang jatuh pada tanggal 6 April 2013.

Dari pantauan, pelaksanaan Kirab Pusaka ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang dipimpin langsung oleh Bupati Banyumas. Dalam kirab kali ini dipimpin oleh Wakil Bupati Banyumas Achmad Husein yang juga bupati terpilih dalam Pemilihan Kepala Daerah Banyumas pada tanggal 17 Maret 2013.

Sementara itu, Bupati Banyumas Mardjoko hanya menyaksikan di panggung kehormatan yang ditempatkan di sebelah selatan Alun-Alun Purwokerto.

Kirab Pusaka yang menggambarkan prosesi perpindahan Ibu Kota Kabupaten Banyumas dari Kecamatan Banyumas ke Purwokerto pada masa pemerintahan Bupati R.T. Martadireja II (1832--1882) ini diawali laporan berbahasa Jawa oleh seorang "subamanggala" (panglima, red.) kepada Wakil Bupati Banyumas Achmad Husein di halaman Pendopo Wakil Bupati.

Selanjutnya, Achmad Husein meletakkan empat pusaka berupa Tombak Kiai Genjring, Keris Gajah Endra, Pusaka Mulia Stambul (Quran berukuran kecil, red.), dan Keris Nala Praja ke dalam "joli" (tandu, red.) yang akan dipanggul oleh para "bregada" (prajurit, red.) untuk dibawa menuju Pendopo Si Panji yang berjarak sekitar 2 kilometer. (LHS)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013