Denpasar (Antara Bali) - Sebanyak 100 hotel di Bali telah menyetujui untuk menggunakan aplikasi e-Hotel sehingga seluruh akomodasi pariwisata tersebut bisa "online".

"Secara resmi 20 hotel yang sudah menggunakannya sedangkan 80 lainnya baru menyepakati sehingga seluruh menjadi 100 unit," kata General Manajer Witel  Bali Selatan Telkom I Ketut Budi Utama di Denpasar, Rabu.

Aplikasi itu sangat penting karena mendukung layanan dan pertumbuhan industri perhotelan di Pulau Dewata khususnya untuk hotel kelas menengah atau di bawah bintang tiga.

Salah satu keunggulan dari e-Hotel adalah berbasis teknologi "cloud" dan bersifat transaksional sehingga para pengelola atau pemilik hotel tidak perlu memikirkan investasi server ataupun memikirkan biaya bulanan.

"Cukup hanya membayar sesuai transaksi. Hal itu sangat mendukung bagi pemilik hotel yang ingin mengembangkan usahanya tersebut dengan baik," ucapnya.

Sementara itu Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati menilai aplikasi tersebut sangatlah bermanfaat terutama bagi hotel menengah ke bawah. "Hotel bisa mendapatkan keuntungan dari aplikasi itu karena bisa dijadikan alat untuk menambah pendapatan. Kami sangat mendukung terobosan yang telah dilakukan Telkom," ucapnya. (IGT)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013