Satu buah foto karya Presiden Joko Widodo dipamerkan dalam acara pameran foto Lembaga Kantor Berita Nasional ANTARA bertajuk "Legasi Jokowi 2014-2024", di Gedung Antara Heritage Center, Jakarta, Jumat.

Foto itu merupakan hasil swafoto yang diambil langsung melalui telepon genggam oleh Presiden Joko Widodo, menampilkan Presiden berswafoto dengan wartawan di sela acara KTT Ke-43 ASEAN, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, 7 September 2023.

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menilai foto yang diambil langsung oleh Presiden Jokowi itu sangat bagus dan sangat ekspresif. "Bagus, apalagi ada wartawan-wartawan, itu kan ekspresinya Presiden dengan para awak media Istana," kata Budi Arie saat menghadiri pameran sekaligus peluncuran buku foto jurnalistik ANTARA, di Jakarta, Jumat.

Selain foto tersebut, foto lain yang menarik perhatian Budi Arie adalah foto Presiden Jokowi dikejar seorang warga pria bertelanjang dada, saat Jokowi sedang menaiki motor Chooper Royale Enfield 350 cc di Sukabumi, Jawa Barat, 8 April 2018 karya pewarta foto ANTARA Puspa Perwitasari.

Warga itu mengejar Jokowi karena antusias dengan kehadiran Presiden Joko Widodo. Foto itu menjadi salah satu favorit Budi Arie, selain juga foto Presiden bersama anak-anak Papua yang juga merupakan karya Puspa Perwitasari.

"Itu ekspresi Presiden lagi naik motor. Rakyat mungkin lagi ngopi bareng nggak pakai baju mengejar aja, betul-betul epik, menyentuh sangat humanis, penuh makna. Kalau anak-anak sekarang bilang 'menyala' ini," ujar Budi Arie.

Direktur Utama LKBN ANTARA Akhmad Munir dalam sambutannya di acara tersebut mengatakan peluncuran buku dan pameran foto jurnalistik 10 Tahun Legasi Jokowi 2014-2024 merupakan bagian dari sejarah yang ingin dicatatkan ANTARA, bahwa ANTARA selalu hadir dalam setiap pemerintahan dan dalam setiap era kepemimpinan nasional.

Dia mengatakan ada 271 foto yang merupakan hasil karya dari masing-masing 77 wartawan ANTARA yang tersebar di seluruh Indonesia, lima karya dari rekan-rekan Sekretariat Presiden, satu dari rekan Kementerian Komunikasi dan Informatika dan satu karya dari Presiden Jokowi langsung.

"Mudah-mudahan ANTARA juga dapat terus memposisikan diri sebagai pelaku sejarah, mencatat semua perjalanan kepemimpinan nasional," kata Akhmad Munir.

Kurator pameran foto ANTARA Ismar Patrizki mengatakan dirinya melakukan kurasi sebanyak 3.000 foto untuk dipilih 271 foto yang dicetak dalam buku, dan sebagian di antaranya di pamerkan dalam pameran tersebut.

Pameran foto ini akan berlangsung selama satu bulan, 11 Oktober-11 November 2024.

 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024