Banjarnegara (Antara Bali) - Kunjungan wisatawan ke Kawasan Wisata Dataran Tinggi (KWDT) Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, mengalami penurunan sekitar 25 persen pascapeningkatan status Kawah Timbang dari normal menjadi waspada.

"Berdasarkan pantauan kami, penurunan kunjungan wisatawan kali ini tidak terlalu signifikan karena hanya sekitar 25 persen, berbeda dengan peristiwa yang sama (peningkatan aktivitas Kawah Timbang, red.) tahun 2011 yang mencapai 80 persen," kata Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dieng Pandawa Alif Faozi di Banjarnegara, Senin.

Menurut dia, penurunan kunjungan wisata ini diketahui dari wisatawan yang datang pada hari Sabtu (16/3) dan Minggu (17/3) serta hasil pertemuan para pelaku pariwisata Dieng pada Jumat (15/3). 

       

Dalam hal ini, kata dia, kunjungan wisatawan ke KWDT Dieng paling banyak pada Sabtu dan Minggu serta hari libur nasional atau liburan sekolah.

"Namun pada hari Sabtu dan Minggu (16-17/3), sebagian besar pengunjung merupakan wisatawan lokal atau dari kota-kota di Jawa Tengah, sedangkan wisatawan dari Jakarta justru banyak yang membatalkan kunjungannya ke Dieng," katanya. (*/M038/IGT)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013