Bengkulu (Antara Bali) - Menteri Agama Suryadharma Ali minta generasi muda perguruan tinggi Islam tidak memisahkan Alquran sebagai sumber berbagai ilmu dunia dan akhirat dengan pengetahuan yang lain.

Ilmu yang terkandung dalam Alquran itu semuanya bersumber dari Allah SWT untuk kemajuan di dunia hingga akhir kelak, kata Menteri Agama (Menag) H Suryadharma Ali saat meresmikan perubahan status STAIN Bengkulu menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) di Bengkulu, Rabu.

Ia mengingatkan agar berdirinya IAIN tidak mengkotakkan ilmu dalam satu sisi agama saja, tapi lebih diperluas dengan kemajuan era teknologi modern.

Keterbatasan lulusan IAIN menguasai segala bidang ilmu selama ini merupakan kesalahan lama yang harus diperbaiki oleh generasi sekarang, sehingga bisa bersaing dengan perguruan tinggi modern lainnya.

Lulusan IAIN ke depan harus mampu menciptakan teknologi yang bermanfaat bagi kehidupan manusia, terutama dari segi kebutuhan sehari-hari seperti mengatasi kekurangan pangan dan air bersih.

"Padahal di negara kita sangat banyak potensi sumber alam yang bisa ditingkatkan menjadi kebutuhan manusia baik dari segi perikanan, pertambangan, perkebunan dan pertanian," ujarnya. (*/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013