Denpasar (Antara Bali) - PT PLN Distribusi Bali mematikan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) di Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, pada Hari Raya Nyepi, Selasa (12/3) atas permintaan umat Hindu setempat yang menjalankan ritual "Catur Brata".

"Pemadaman PLTD berkapasitas kurang dari 10 MW itu kami lakukan atas permintaan masyarakat setempat," kata Kepala Humas PT PLN Distribusi Bali Agung Mastika di Denpasar, Sabtu.

Menurut dia, pemadaman PLTD di kepulauan yang terpisah oleh Selat Badung itu tidak memengaruhi sistem distribusi listrik di Bali pada saat Nyepi. "Jaringan interkoneksi bawah laut Jawa-Bali tetap beroperasi. Jadi meskipun gelap-gulita selama Nyepi, sistem distribusi tetap jalan," katanya.

Ia mengemukakan beberapa objek vital, seperti rumah sakit dan hotel tetap membutuhkan pasokan energi listrik.

Selain tidak memadamkan pembangkit listrik pada saat ummat Hindu melaksanakan Tapa Berata Penyepian, PLN juga tetap menyiagakan satu tim beranggotakan 15 orang di masing-masing area pelayanan.

"Petugas PLN itu siaga mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti pohon yang roboh menimpa jaringan listrik. Mereka siap di tempat sehari sebelum hingga sehari sesudah Nyepi," ujar Agung Mastika. (*/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013