Penjabat (Pj) Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika meminta jajaran perangkat daerah Klungkung untuk terus meningkatkan pelaksanaan digitalisasi untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat di daerah itu.
 
Hal tersebut disampaikan Jendrika saat membuka kegiatan High Level Meeting (HLM) Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2D) di Wyndham Tamansari Jiva Resort, Banjar Lepang, Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung, Selasa (16/7).
 
Dalam siaran pers yang diterima di Klungkung, Rabu, kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka evaluasi program Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2D) dan persiapan peningkatan pelaksanaan digitalisasi daerah serta untuk meningkatkan kapabilitas anggota TP2D Kabupaten Klungkung.
 
Pj Bupati Jendrika menyampaikan digitalisasi sebenarnya adalah proses pelayanan pemerintah kepada masyarakat untuk lebih mudah, lebih lancar dan lebih baik.
 
"Mudah-mudahan TP2D yang didukung oleh Bank Indonesia dan Bank BPD Bali sebagai fasilitator transaksi sudah selalu bergerak dalam mewujudkan apa yang menjadi tujuan kita bersama," kata dia.
 
Jendrika menambahkan kedepannya digitalisasi tidak hanya difokuskan kepada pajak dan retribusi daerah saja, namun sudah diperluas penyediaan kanal digitalnya pada sektor perdagangan, UMKM, destinasi wisata baik yang dikelola pemerintah maupun swasta, serta sektor lain yang menunjang daerah wisata di Kabupaten Klungkung untuk memberikan kemudahan dan meningkatkan layanan transaksi secara digital. 
 
Melalui penerapan digitalisasi ini juga diharapkan bisa meningkatkan penerimaan asli daerah atau PAD di Kabupaten Klungkung. 
 
"Mari Perangkat Daerah tetap berkomitmen untuk meningkatkan penerapan elektrifikasi di dalam pengelolaan keuangan baik sisi belanja maupun pendapatan," imbuhnya.
 
Pj Bupati mengapresiasi seluruh pihak baik dari OPD maupun berbagai instansi terkait yang turut berkontribusi dalam pembentukan Tim Percepatan Perluasan Digitalisasi Daerah sebagai upaya percepatan digitalisasi di seluruh sektor yang ada di Kabupaten Klungkung.
 
Sementara itu, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kabupaten Klungkung I Dewa Griawan mengatakan tujuan kegiatan itu untuk meningkatkan realisasi penerimaan pajak dan retribusi daerah melalui kanal digital, serta percepatan penerapan Kartu Kredit Indonesia. 
 
Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah berupaya mengelola retribusinya melalui digitalisasi.

Pewarta: Rolandus Nampu

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024