Kupang (Antara Bali) - Gubernur Nusa Tenggara Timur Frans Lebu Raya mengatakan, gagasan untuk menggelar Sail Komodo 2013, sesungguhnya merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam mendorong percepatan pembangunan kepariwisataan di provinsi kepulauan itu.

Selain itu, Sail Komodo 2013 akan menjadi jembatan emas untuk menuntun Nusa Tenggara Timur sebagai destinasi wisata utama dunia pada 2015, kata Gubernur Frans Lebu Raya, di Kupang, Kamis menjawab pertanyaan seputar harapan pemerintah dari kegiatan Sail Komodo 2013.

"Bentuk konkrit dari pelaksanaan Sail Komodo adalah, melakukan promosi melalui para peserta lomba layar yang berasal dari berbagai belahan dunia yang akan mengelilingi pulau-pulau di NTT menggunakan perahu layar pada akhir Juli 2013," katanya.

Para peserta lomba perahu layar ini, kata dia, akan melihat secara langsung keindahan alam serta potensi yang dimiliki daerah itu untuk disampaikan kepada keluarga dan sahabat yang tersebar di seluruh penjuru dunia.

"Jadi Sail Komodo ini bertujuan untuk mempromosikan NTT menjadi destinasi utama dunia, serta pengembangan potensi dan peningkatan kunjungan wisatawan ke NTT," kata Lebu Raya yang akan mengakhiri masa jabatannya sebagai Gubernur NTT periode pertama pada 16 Juli 2013 atau sebelum pelaksanaan Sail Komodo 2013 itu. (*/DWA/IGT)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013