Jakarta (Antara Bali) - Terapi pengobatan kanker kini bisa lebih optimal dengan teknologi Linac atau radiasi yang tepat sasaran yang terfokus pada lokasi tersembunyi pada bagian organ tubuh tanpa harus melakukan operasi konvensional.

"Teknologi Linac merupakan penerapan dari Stereotatic Radio Surgery atau SRS  atau bentuk khusus dari terapi radiasi tanpa melakukan operasi konvensional seperti biasanya," kata Direktur Siloam Hospitals Group Dr. dr. Andry MM dalam acara seminar kesehatan sekaligus pre-opening RS Siloam TB Simatupang, Jakarta, Selasa.

Andry menjelaskan, Teknologi Linac yang terdapat di Rumah Sakit Siloam tersebut  memungkinkan pelaksanaan radiasi yang tepat sasaran dan bisa fokus pada lokasi tersembunyi di bagian otak pada khususnya.

Linac atau Linear Accelerator adalah mesin yang digunakan untuk mengirimkan berkas radiasi eksternal pada terapi konvensional. Sebuah Linac dapat dimodifikasi untuk mengirimkan energy tunggal yang tinggi (Computer Shaped Beam) ke tumor.

Selain Linac Radio Therapy. beberapa fasilitas lain juga terdapat di RS Siloam TB Simatupang, antara lain Diagnostic Imaging yang mutakir seperti CT Scan 256 slice, MRI 3 Tesla, Xray komprehensif, Fluoroscopy/USG 4 Dimensi/Mammography, dan PET CT.

"Harapannya, hasil tindakan medis semakin cepat, akurat dan aman dan yang diuntungkan tentunya adalah pasien," katanya. (*/DWA)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013