Denpasar (Antara Bali) - Bupati Badung Anak Agung Gde Agung mengatakan kepala negara dan delegasi peserta KTT APEC akan menempati 21 hotel di sekitar kawasan wisata elite Nusa Dua.

"Nanti kepala negara ada yang menginap pada hotel di kawasan BTDC (Bali Tourism Development Corporation), Tanjung Benoa, Sawangan, Jimbaran dan sebagainya. Standar hotel tersebut memang sudah memenuhi untuk tamu sekelas presiden," katanya di Denpasar, Kamis.

Selain hotel, pihak panitia, jelas dia, juga sedang membangun tempat "retreat" bagi 21 kepala negara yang posisinya di seberang Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC). "Hingga saat ini capaian pembangunannya sudah sesuai target," ujarnya.

Menurut dia, pertemuan ekonomi Asia Pasifik itu tidak hanya bermanfaat bagi promosi hotel yang akan menjadi tempat menginap para kepala negara, sekaligus menjadi sarana promosi bagi destinasi wisata dan hasil kerajinan di Pulau Dewata.

Ia menambahkan, pihaknya juga tengah mempersiapkan bangunan untuk mengakomodasi 1.000 pimpinan perusahaan internasional pada KTT APEC.

"Panitia juga sedang membangun media center yang diperkirakan akan hadir sekitar 3.500 sampai 5.000 jurnalis dari berbagai negara," katanya.

Sementara itu Kapolda Bali Irjen Pol Arif Wachyunadi mengatakan untuk pengamanan KTT APEC tidak hanya mencakup hotel tempat menginap kepala negara, tetapi juga menyangkut rute perjalanan dan tempat konferensi.

"Untuk tempat menginap kepala negara persisnya kami belum tahu karena dari panitia belum bertemu dengan kami. Tetapi nanti akan ada rapat koordinasi dengan tim. Yang jelas konsolidasi pengamanan sudah terus kami lakukan dengan pihak-pihak terkait," katanya. (LHS/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013