Denpasar (Antara Bali) - Ketua Majelis Himpunan Psikologi (Himpsi) Bali Supriyadi berpendapat, pergaulan sosial menjadi faktor pemicu utama para pemakai narkoba kembali kecanduan.

"Cara paling baik adalah dengan memindahkan keluar daerah para pengguna narkoba setelah menjalani proses rehabilitasi," katanya di Denpasar, Sabtu.

Menurut dia, berbagai jenis terapi rehabilitasi yang sudah diberikan akan menjadi mubazir ketika para pencandu kembali pada lingkungan sosialnya yang keliru, apalagi jika pengawasan dan perhatian dari orang tua minim.

"Kalau orang tua yang peduli, paling tidak sesekali dapat mengecek tempat berkumpulnya anak-anak. Bukankah para pencandu jarang sekali yang menggunakan narkoba di rumah mereka sendiri? Intinya penguatan sosial menjadi upaya terbaik" ujar akademisi dari Universitas Udayana itu.

Supriyadi tidak sependapat jika sampai pengguna narkoba itu ditahan karena yang paling tepat adalah memasukkan mereka ke panti rehabilitasi. Setelah keluar dari tempat itu barulah dengan memberikan penguatan sosial. (IGT/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013