Pontianak (Antara Bali) - Enam replika naga sudah didaftarkan yayasannya untuk memeriahkan perayaan puncak perayaan Cap Go Meh atau hari ke-15 Tahun Baru Imlek, di Kota Pontianak, kata Asisten II Bidang Administrasi dan Pembangunan kota setempat Uray Indra Mulya.

"Dari informasi yang saya dapat dari ketua panitia perayaan Cap Go Meh (CGM) tahun 2013, sudah enam naga dari Yayasan Pemadam Kebakaran (YPK) yang sudah mendaftar untuk memeriahkan CGM di Pontianak," kata Uray Indra Mulya di Pontianak, Minggu.

Uray menjelaskan, dalam penyusunan berbagai acara dalam menyambut perayaan CGM di Pontianak, telah beberapa kali melakukan pertemuan terkait penyusunan final perayaan CGM tahun 2013 di Pontianak.

Adapun serangkaian acara pada CGM tahun 2013, yakni mulai Jumat (22/2) ritual replika naga buka mata di Kelenteng Kwan Ya Keng Jalan Diponegoro pukul 07.00 WIB-09.00 WIB, kemudian pada sore harinya,  pukul 17.00 WIB-22.00 WIB hiburan musik tradisional China, Tandijor, musik Dayak dan lain-lain.

Kemudian, Sabtu (23/2) masing-masing replika naga yang dimiliki oleh Yayasan Pemadam Kebakaran di Pontianak akan melakukan kunjungan kepada donatur-donatur, kemudian pada sore harinya, pukul 17.00 WIB-22.00 WIB hiburan musik tradisional China, Tanjidor, musik Dayak dan lain-lain.

Hari puncaknya, pada Minggu (24/2), naga yang sudah menjalani ritual buka mata diarak keliling kawasan pecinan di Jalan Gajah Mada dan Tanjungpura Pontianak, disertai pawai budaya nusantara, kemudian sekitar pukul 19.30 WIB para naga tersebut melakukan atraksinya di depan Kantor Wali Kota Pontianak, Jalan Rahadi Oesman atau Taman Alun-alun Kapuas. (LHS)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013