Kulon Progo (Antara Bali) - Ribuan penggemar durian dari berbagai daerah memadati Festival Durian Menoreh di Desa Wisata Banjaroya, Kecamatan Kalibwang, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tim Pengelola Kegiatan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri, Suryanto di Kulon Progo, Minggu mengatakan, panitia dan petani menyediakan sedikitnya 1.000 buah durian.

"Kami tidak menduga jumlah pengunjung di acara festival ini sangat banyak. Mereka datang dari berbagai penjuru Jawa Tengah dan DIY, serta Jakarta. Rencananya, obral durian akan digelar pada 13.00 WIB tapi sudah diserbu oleh pembeli," kata Suryanto.

Ia mengatakan, harga durian dalam festival ini paling murah Rp25.000 hingga Rp70.000 per buah. Menurut dia, hasil panen tahun ini kurang bagus karena bunga banyak yang rontok.

"Penurunan hasil panen tahun ini sekitar 30 persen. Akibatnya, harga durian di Kalibawang melonjak naik, khususnya durian Menoreh dan Jambom," kata dia.

Diluar acara festival, kata dia, penggemar durian dari berbagai daerah langsung datang ke petani. Jumlah kunjungan sedikitnya 250 orang per hari, belum tengkulak dari Magelang, Muntilan (Jawa Tengah) dan Sleman yang datang ke petani. (LHS/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013