Pj Bupati Gianyar Dewa Tagel Wirasa meninjau program padat karya rabat beton jalan usaha tani dan kelompok Tenaga Kerja Mandiri (TKM) Kawasan program Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) tahun anggaran 2023 di Desa Batuan dan Payangan.

"Program padat karya ini tujuannya adalah memberdayakan masyarakat. Mengurangi pengangguran yang ada di lokus kegiatan," kata Kadisnaker Gianyar, Ida Ayu Surya Adnyani saat mendampingi Pj Bupati Gianyar, demikian siaran pers Diskominfo Gianyar, Bali, Sabtu.
 
Untuk tahun 2023, Kabupaten Gianyar mendapatkan empat program padat karya berupa rabat beton jalan usaha tani yang tersebar di Desa Melinggih, Desa Mas, Desa Petak Kaja dan Desa Batuan.

Dan untuk kelompok TKM, Gianyar mendapatkan 10 kelompok TKM kawasan dan 10 kelompok TKM reguler.

Untuk pelatihan, didampingi oleh Institut Pertanian Bogor (IPB) sebagai mitra perguruan tinggi dari Kemnaker dan untuk instruktur, Gianyar berkolaborasi dengan dosen Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar.
 
Dilaporkan pula bahwa masyarakat begitu antusias untuk mengakses program tersebut.
 
Dalam apresiasinya, Pj Bupati Gianyar menyampaikan bahwa sangat luar biasa sekali kado akhir tahun yang sudah diberikan oleh Disnaker Gianyar dalam menuntaskan program-program yang diluncurkan Kemnaker.
 
Kinerja kolaborasi antara pusat, daerah, sampai ke tingkat desa seperti ini perlu lebih diefektifkan dan pantas ditiru oleh OPD lain sehingga pemerataan pembangunan lebih dirasakan oleh masyarakat.
 
Sebelumnya, Disnaker Gianyar berhasil menyabet empat kategori terbaik, di antaranya terbaik komitmen pemerintah daerah sebagai daerah penerima Kawasan, terbaik Dinas Tenaga Kerja sebagai pelaksana program Kawasan, terbaik TKM penerima kegiatan kawasan (TKM pengolahan hasil laut putra samudra Deda Lebih), TKM kembang sari kain tropis Gianyar kategori TKM Kawasan kawasan terbaik dengan mendapat mitra terbanyak.

Pewarta: Adi Lazuardi

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024