Kuta (Antara Bali) - Kepala Kepolisian Daerah Bali Inspektur Jenderal Polisi Arif Wachyunadi mengimbau masyarakat agar menjadi polisi bagi dirinya sendiri sebagai langkah awal mewujudkan keamanan di lingkungan masyarakat.
    
"Kami ingin mengajak masyarakat Kabupaten Badung untuk menciptakan rasa aman karena dengan aman akan terwujud cita-cita pembangunan di Badung yang berawal dari menjadi polisi bagi dirinya," katanya dalam "simakrama" atau dialog dengan jajaran Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Badung yang digelar di Wantilan Pura Petitenget, Desa Kerobokan, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Jumat.
    
Menurut dia, menjadi polisi bagi diri sendiri dalam hal mewujudkan situasi yang aman namun bukan berarti melebihi kewenangan polisi.
    
"Jadilah polisi bagi masyarakat masing-masing, tetapi ada kewenangan terbatas. Misalnya jika berhasil menangkap maling setelah itu serahkan kepada polisi untuk ditindaklanjuti," ujarnya.
    
Mantan Kapolda Nusa Tenggara Barat itu mengharapkan aparat di desa mulai dari pasukan pengamanan adat atau "Pecalang", Babinkamtibmas, Bendesa, Lurah,  dan Kepala Desa harus bersatu dalam menjaga keamanan. (DWA/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013