Bupati Tabanan, Bali I Komang Gede Sanjaya meminta masyarakat untuk bergotong royong membangun Tabanan pada perayaan Hari Ulang Tahun ke-530 Kota Tabanan, Sabtu.

HUT ke-530 Tabanan mengusung tema “paduraksa jayaning singasana" yang berarti bersatu padu mewujudkan kemakmuran Tabanan menuju kota singasana yang aman, unggul, madani (AUM).

"Peringatan HUT Kota Tabanan ke-530 ini merupakan tonggak bagi kita semua untuk membangkitkan semangat gotong-royong dalam melaksanakan tugas dan kewajiban kita membangun Tabanan yang kita cintai. Tema yang diusung tahun ini, yakni 'paduraksa jayaning singasana', semakin membuat kita yakin, bahwa kita sebagai pemilik rumah kita sendiri," ujar Bupati Tabanan Gede Sanjaya.

Gede Sanjaya mengatakan paduraksa jayaning singasana dapat diartikan secara harfiah yaitu bagaimana pemerintah dan masyarakatnya bisa bersatu padu dengan tiga konsep dasar, yakni pade eling (rasa peduli), pade liang (rasa gembira) pade gelahan (rasa memiliki) dalam rangka mencapai kejayaan bersama.

"Ini terbukti melalui pembukaan HUT Kota Tabanan ini melibatkan berbagai elemen masyarakat, berbagai hiburan hingga melibatkan puluhan pelaku UMKM di bidang kuliner," katanya.

Baca juga: Bupati Tabanan inginkan kontes ikan berdampak perekonomian bagi warga

Menurut Sanjaya, tiga pilar itulah yang ingin dibangun dalam kehidupan masyarakat di Kabupaten Tabanan, di mana pada akhirnya juga sebagai upaya mencapai Tabanan era baru yang aman, unggul dan madani.

Untuk itu, pada kesempatan itu, Sanjaya minta kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Tabanan, bersama-sama bergembira menyambut perayaan HUT Kota. Bupati berharap perayaan ini dijadikan perayaan masyarakat, bukan untuk kelompok semata dan dengan harapan, perayaan ini juga bisa digunakan untuk mempererat rasa untuk menciptakan kehidupan yang harmoni dalam bermasyarakat.

"Inilah tema kita, paduraksa, artinya pemerintah mengayomi masyarakat, masyarakat ngewangiang pemerintahnya. Ini antara di atas dan di bawah sudah harmonis. Mudah-mudahan dengan harmonisasi pemerintah dan masyarakat akan bisa mewujudkan Tabanan yang aman, unggul dan madani, kompak selalu masyarakat Tabanan,” ungkapnya.

Dalam acara tersebut, Bupati beserta istri Wahyuni Sanjaya selaku Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan, berkeliling dan meninjau beberapa stan dari 38 stan kuliner yang turut meramaikan pembukaan HUT Kota pagi itu. Pihaknya sangat mengapresiasi semangat para pelaku IKM dan UMKM dalam mengikuti rangkaian kegiatan HUT Kota. Bagi Sanjaya, ini menjadi salah satu kebangkitan ekonomi di Tabanan.

Baca juga: Pemkab Tabanan percantik wajah kota dengan hadirkan pahatan burung Garuda Pancasila

Salah seorang masyarakat bernama Sinta, pelaku UMKM yang ditemui di lokasi saat itu menyampaikan ungkapan terima kasih sekaligus harapannya pada ajang jual dan promosi yang disediakan oleh pemerintah.

“Sangat bagus sekali acaranya, karena bisa mengembangkan usaha kita di sini dan juga sambil promosi. Saya mengucapkan terima kasih selalu diberikan kesempatan dalam memeriahkan acara di Tabanan” kata Sinta.

Menurutnya momentum pembukaan ultah Tabanan itu mampu menjadi wadah bagi masyarakat, untuk mengembangkan usaha dan sebagai bentuk perhatian Pemerintah yang senantiasa memberikan fasilitas, bagi kebangkitan ekonomi di Tabanan.

Ribuan masyarakat Tabanan memadati area Taman Bung Karno Tabanan, pada pembukaan HUT Ke-530 Kota Tabanan yang dibuka Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya, bersama Ny. Rai Wahyuni Sanjaya beserta jajaran.

Pembukaan ditandai dengan pelepasan 530 balon dan melepas burung merpati sebagai lambang keselarasan dan keharmonisan Kota Tabanan.

Kegiatan dimulai pagi hari diisi dengan berbagai hiburan menarik dengan konsep kebersamaan dengan menampilkan hiburan beleganjur, joged, senam hingga jalan santai dan pengundian doorprise.

Pewarta: Rolandus Nampu/Pande Yudha

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023