Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng, Bali, melakukan program vaksinasi massal yang dilaksanakan serangkaian dengan Hari Rabies Sedunia guna menekan angka penyebaran penyakit menular hewan di kabupaten ujung utara Pulau Dewata tersebut.

"Kami berbangga karena dari target 100 dosis vaksin yang diberikan, telah melebihi target hewan yang divaksin, yaitu sebanyak 120 dosis vaksin," kata Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Buleleng I Made Sumiarta di Singaraja, Minggu.

Ia mengapresiasi peran serta masyarakat dan berterima kasih kepada seluruh lapisan warga karena sangat antusias melakukan vaksinasi hewan peliharaan dan bisa melebihi target.

Kegiatan yang sangat bermanfaat bagi pecinta hewan itu mengambil tema “All for One, One Health for All,” yang intinya satu aksi membuat sebuah perubahan, pelibatan semua menuju satu tujuan terbebas dari rabies, utamanya di Buleleng.

Baca juga: 1.200 siswa SD di Denpasar dapat edukasi rabies

“Kegiatan serangkaian WRD (World Rabies Day) ini diharapkan dapat menekan penularan penyakit rabies dan sebelumnya juga sudah diadakan sosialisasi ke sekolah untuk memberikan edukasi sejak dini,” katanya.

Sumiarta juga menegaskan kegiatan ini akan terselenggara berkelanjutan pada akhir pekan guna menarik publik lebih banyak lagi berpartisipasi dalam vaksinasi hewan peliharaan sehingga tercapai target Buleleng bebas rabies.

“Rencananya kami akan laksanakan berkelanjutan seperti drive thru vaksin, mungkin nanti akan kita buka di kegiatan car free day, sehingga lebih banyak lagi masyarakat yang mengetahui dan memvaksin hewan peliharaannya,” ujar Sumiarta.

Sementara itu salah satu masyarakat yang mengikuti vaksinasi rabies, Kadek Adi asal Keluragan Banjar Jawa, berterima kasih kepada Pemkab Buleleng melalui Distan Buleleng karena telah menyelenggarakan vaksinasi gratis yang bermanfaat bagi pecinta hewan.

Baca juga: Distan Denpasar: 72 Persen HPR telah mendapatkan vaksinasi rabies

Ia berharap agar vaksinasi rabies tersbeut dilanjutkan dan menyasar kegiatan yang mengundang khalayak ramai sehingga dapat menyelamatkan kehidupan hewan peliharaan dan menyelamatkan manusia dari gigitan hewan yang terjangkit rabies.

“Bagi seluruh masyarakat yang memiliki peliharaan anjing, kucing, ayo ikuti vaksinasi ini karena hewan kita bisa terlindungi dari penyakit rabies di daerah kita,” katanya.

Pewarta: Rolandus Nampu/IMBA Purnomo

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023