Bupati Karangasem I Gede Dana mengajak seluruh Pimpinan OPD beserta staf melaksanakan aksi bersih-bersih memperingati World Cleanup Day (WCD) 2023 di Pura Penataran Agung Lempuyang, Banjar Purwayu desa Tribuana, Kec. Abang, Jumat (22/9/2023).

Kegiatan di bawah koordinasi Dinas Lingkungan Hidup ini sebagai wujud kepedulian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karangasem dan masyarakat setempat terhadap lingkungan khususnya lingkungan di kawasan suci. Kegiatan ini menjadi agenda rutin setiap tahunnya.

Dalam sambutannya, Bupati Dana mengatakan sampah, utamanya sampah plastik, merupakan ancaman nyata dan serius yang berdampak pada bumi, makhluk hidup dan ekosistem yang bernaung di dalamnya. Dirinya pun berharap digelarnya aksi bersih-bersih ini dapat menumbuhkan kepedulian masyarakat untuk menjaga lingkungan hidup. "Melalui kegiatan ini, tidak hanya hari ini, saya harap setiap hari kita peduli terhadap kebersihan lingkungan. Ikut menjaga kenyamanan dan keasrian alam demi anak cucu kita," ujar Bupati.

Bupati Dana mengatakan, WCD merupakan aksi bersih-bersih yang diselenggarakan secara serentak di seluruh dunia, dengan tujuan menyatukan umat manusia dari berbagai budaya, agama, ras, untuk membersihkan bumi dari permasalahan sampah.

Lanjutnya, WCD diinisiasi pertama kali oleh organisasi Pemerintah di Estonia, yang disebut dengan Let's Do It pada tahun 2008, sejak 2018 WCD menjadi gerakan global yang dilakukan secara serentak di seluruh dunia.

Pewarta: Antara News Bali

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023