Pemerintah Kabupaten Badung, Bali memberikan dana penghargaan kepada  Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang telah bertugas pada peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Pusat Pemerintahan Badung.

"Kami memberikan penghargaan kepada pembina dan anggota Paskibra Badung tahun 2023 berupa uang Rp10 juta yang kami berikan per orang, sebagai wujud terima kasih kepada anak-anak kami yang merupakan putra-putri terbaik di Badung sebagai pengibar bendera Merah Putih pada HUT Ke-78 Kemerdekaan RI," ujar Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta di Mangupura, Senin.

Ia mengatakan dirinya juga sangat berterima kasih kepada para orang tua siswa karena telah merelakan dan mendukung buah hatinya untuk mengikuti pendidikan Paskibra selama kurang lebih sebulan.

Menurut Bupati Giri Prasta, Pasukan Pengibar Bendera yang bertugas di Badung telah banyak berjuang melewati berbagai rintangan seperti kondisi cuaca dan lelah dalam pelatihan yang berlangsung selama satu bulan.

"Bagaimana para anghota Paskibra ini sudah kepanasan, kehujanan, kelelahan dan semangat ini yang perlu kita pupuk bersama," kata dia.

Baca juga: Paskibraka Bali jalankan tugas pada upacara HUT ke-78 RI di tengah hujan

Dia berharap ke depannya tim Paskibra Badung bisa memberikan edukasi dan menginspirasi para pemuda, sehingga kabupaten dan karakter Pancasila itu bisa terwujud di Kabupaten Badung.

"Melalui penghargaan ini, bukan dilihat kecilnya dari bantuan yang kami berikan, tapi makna rasa syukur dan penghargaan oleh Pemerintah Kabupaten Badung. Hal inilah yang kami tonjolkan,” ungkap Bupati Giri Prasta.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Badung Nyoman Suendi menjelaskan pihaknya terus upaya pembinaan ideologi Pancasila secara terencana, menyeluruh, terpadu, dan berkelanjutan, salah satunya dapat dilakukan dalam program pasukan pengibar bendera.

"Pembinaan ini bukan semata-mata agar mereka menjadi pengibar bendera melainkan juga sebagai bagian dari penyiapan calon pemimpin Indonesia masa depan yang mampu memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila," kata dia.

Baca juga: Pemkab Badung kukuhkan Paskibra tahun 2023

Pewarta: Rolandus Nampu/Naufal Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023