Tabanan (Antara Bali) - Konsumsi masyarakat terhadap ikan laut dan ikan air tawar meningkat menjelang malam pergantian tahun sebagaimana data penjualan di Pasar Ikan Terpadu Tuakilang, Kabupaten Tabanan.

"Dalam sehari ini saja sudah 5 ton berbagai jenis ikan konsumsi terjual habis," kata UPP Mina Karya Lestari, I Wayan Widiarta, di Pasar Ikan Tuakilang, Senin.

Menurut dia, meningkatnya konsumsi ikan tersebut karena tingginya permintaan dari pengelola hotel, restoran, pedagang makanan, dan masyarakat umum.

"Memang biasanya, masyarakat menggelar pesta makan-makan pada saat merayakan malam pergantian tahun. Di kampung-kampung biasanya juga bakar ikan ramai-ramai," katanya.

Gde Made Parwata pedagang ikan di Pasar Tuakilang mengaku kewalahan melayani para pembeli. "Saya ke sini bawa 750 kilogram lele, 500 kilogram nila, dan 300 kilogram gurami. Semuanya habis terjual," katanya.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tabanan I Made Subagia mengatakan bahwa perayaan malam pergantian tahun menjadi momen tersendiri untuk memperkenalkan Pasar Ikan Terpadu Tuakilang lebih luas lagi. (EKA/M038/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012