Mayor Jendral (Mayjen) TNI Harfendi diterima secara resmi dalam jabatan barunya sebagai Panglima Kodam IX/Udayana dengan tradisi penerimaan yang khas oleh seluruh jajaran Kodam IX/Udayana di Makodam Udayana, Denpasar, Bali, Rabu (23/8).

Kepala Penerangan Kodam IX/Udayana Kolonel Inf. Fadjar Moh. Syafrudin mengatakan tradisi penerimaan pejabat baru itu dimaknai sebagai  salah satu kegiatan yang dapat menumbuhkan rasa kebanggaan dan kecintaan terhadap satuan, serta memotivasi semangat juang dalam menghadapi tugas-tugas pada masa mendatang.

Acara dimulai dari penerimaan di gerbang Makodam Udayana dimana setibanya di depan Kesatrian Makodam, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi didampingi Ketua Persit KCK PD IX/Udayana Ny. Tika Harfendi menerima laporan Dandenmadam IX/Udayana dan penghormatan dari Pos Jaga, serta menerima Hormat Jajar dari Regu Jaga.

Pada kesempatan tersebut, Kasdam IX/Udayana dan Wakil Ketua Persit KCK PD IX/Udayana mengalungkan bunga dan menyerahkan hand bouquet kepada Pangdam IX/Udayana dan Ketua Persit KCK PD IX/Udayana.

Selanjutnya, Pangdam dan Ketua Persit KCK PD IX/Udayana disambut oleh penari Hanoman dan melewati prajurit tradisional Bali-Nusa Tenggara menuju Pataka Kodam IX/Udayana untuk melaksanakan penciuman pataka sebagai tradisi telah resmi menjadi Prajurit Praja Raksaka.

Sebelum acara lepas sambut, Pangdam IX/Udayana terlebih dulu melaksanakan exit briefing dan penyerahan Memorandum dari Mayjen TNI Sonny Aprianto kepada Mayjen TNI Harfendi di gedung Rupatama Syafiudin. Sedangkan, Ketua Persit KCK PD IX/Udayana melaksanakan Tradisi Pengukuhan dan pelepasan Ibu Raksakarini Sri Sena di Aula Supardi.

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi mengatakan bahwa dirinya sudah tidak asing dengan lingkungan Kodam IX/Udayana. Hal tersebut dikarenakan beberapa waktu lalu, dirinya pernah menjabat sebagai Kasdam IX/Udayana selama periode 2021-2022.

Pangdam pun meminta dukungan dari berbagai pihak baik internal TNI maupun stakeholder lainnya baik di kepolisian, jajaran pemerintahan di Bali dan Nusa Tenggara, serta masyarakat.

"Tentunya kami sangat berharap dukungan atau support moral dan hal lainnya dari para Forkopimda wilayah Bali-Nusra maupun tokoh masyarakat. Begitu pun juga kepada warga Kodam IX/Udayana, tanpa dukungan dari para anggota semuanya tentunya kami sebagai warga baru tidak akan mungkin dapat melaksanakan tugas secara maksimal," kata Harfendi.

Pangdam IX/Udayana menyampaikan terima kasih kepada Mayjen TNI Sonny Aprianto, yang sudah banyak berkarya di Kodam IX/Udayana. Oleh karena itu, Pangdam akan melanjutkan program-program yang telah ada guna kemajuan Kodam IX/Udayana.

Pangdam IX/Udayana Harfendi juga berharap semoga Mayjen TNI Sonny Aprianto dapat dengan sukses melaksanakan tugas ke depan sebagai Asintel Panglima TNI.

Sementara itu, Mayjen TNI Sonny Aprianto mengungkapkan bahwa dirinya merasa bangga karena telah menyelesaikan tugasnya sebagai Pangdam IX/Udayana.

Sonny mengakui bahwa menjadi Pangdam IX/Udayana merupakan suatu kebanggaan, baik bagi pribadi maupun bagi keluarganya.

"Saya sangat berterima kasih kepada seluruh prajurit karena Prajurit Udayana mempunyai loyalitas, dedikasi dan integritas yang sangat tinggi. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak, sehingga pelaksanaan tugas saya sebagai Pangdam Udayana dapat berjalan dengan baik dan lancar," kata Mayjen TNI Sonny Aprianto.

Usai pelaksanaan seremonial acara Lepas Sambut, rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan Tradisi pelepasan Mayjen TNI Sonny Aprianto beserta Ny. Dinni Sonny Aprianto yang dijemput penari Hanoman dan dituntun melewati barisan Pedang Pora.

Setelah menerima hormat jajar dan penghormatan dari pos jaga, Sonny Aprianto memasuki kendaraan dan meninggalkan Makodam IX/Udayana.

Pewarta: Rolandus Nampu

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023