Pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan, Bali, terlihat kompak mengenakan atribut seperti yang digunakan para pahlawan pejuang kemerdekaan saat ikut merayakan peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI di Kabupaten Tabanan, Kamis.

Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya yang bertindak sebagai inspektur upacara dalam kesempatan tersebut mengenakan pakaian Proklamator Kemerdekaan RI Ir. Soekarno didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tabanan Ny. Rai Wahyuni Sanjaya, sedangkan Wakil Bupati Tabanan mengenakan pakaian Wakil Presiden Indonesia pertama Mohammad Hatta.

Sebelum memulai upacara, para peserta berkonvoi dari Kantor Bupati Tabanan menuju Lapangan Debes, Tabanan yang menjadi tempat pelaksanaan upacara peringatan detik-detik proklamasi dengan mengendarai Jeep Willys. Bupati Tabanan mengendarai Mobil Chevrolet Tahun 1958, mobil milik istri Soekarno yakni Ibu Fatmawati.

Gede Sanjaya mengatakan momen peringatan HUT Kemerdekaan RI di Kabupaten Tabanan mengusung tema yang berbeda dari sebelumnya. Jika tahun lalu Pemkab mengangkat tema Bhinneka Tunggal Ika, tahun ini tema yang diangkat adalah menghidupkan spirit perjuangan.

Menurut Sanjaya, tema itu sengaja diangkat agar peserta upacara dan masyarakat Tabanan melanjutkan spirit perjuangan dari para pendiri bangsa dengan cara kekinian dalam konteks dunia masa kini.

“Mengisi momen bersejarah ini, kami berpakaian dan mengenakan atribut para pahlawan pejuang kemerdekaan merupakan salah satu bentuk penghormatan, juga motivasi agar apa yang telah para pahlawan bisa menjadi acuan bagi kita untuk mengisi kemerdekaan dengan membangun Kabupaten Tabanan menjadi terus lebih baik lagi ke depannya. Saya berpesan jangan sekali-sekali melupakan jasa para pahlawan kita,” kata Bupati Tabanan Sanjaya.

Gede Sanjaya mengapresiasi semangat para peserta upacara dalam mengikuti jalannya upacara, meskipun di tengah guyuran hujan, serta semangat dalam mengisi momen peringatan HUT RI selama sebulan ini dengan berbagai lomba menarik.

“Saya mengapresiasi berbagai lomba maupun kegiatan yang telah dilakukan para OPD di lingkungan Pemkab Tabanan, terlebih semangat mengikuti upacara di tengah guyuran hujan. Ini belum seberapa, dulu pejuang kita diguyur peluru dan mereka masih tetap semangat. Semoga semangat ini akan terus terbawa meskipun peringatan 17 Agustus telah lewat. Jadikan semangat ini sebagai motivasi dalam bekerja, bangun kerja sama yang baik dan ciptakan suasana kerja yang aman dan nyaman, terlebih kita mendapat tugas melayani masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tabanan Ny. Rai Wahyuni Sanjaya memaknai momen peringatan HUT ke-78 RI menjadi motivasi bagi dirinya untuk terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat melalui seluruh kegiatan PKK yang dilakukan di desa-desa di seluruh Kecamatan di Kabupaten Tabanan.

Dia pun mengajak para ibu di Kabupaten Taban untuk selalu berjuang bersama pasangannya membangun Tabanan dengan cara masing-masing.

"Mendampingi suami sekaligus mendampingi masyarakat dalam kegiatan PKK merupakan tanggung jawab besar. Melalui momen yang sangat baik ini, saya imbau kepada seluruh ibu-ibu apapun profesi kalian, ayo tetap semangat mendampingi para suami sebagai ibu rumah tangga yang baik dan mari kita ikut berkontribusi menyumbangkan ide maupun tindakan untuk mengisi kemerdekaan dengan membangun Kabupaten Tabanan menjadi lebih baik lagi,” katanya.

Dia merasa tersentuh saat mengikuti upacara menggunakan pakaian para pejuang kemerdekaan. "Ini sangat menarik, karena kali pertama saya mengenakan pakaian seperti ini. Momen hari kemerdekaan benar-benar terasa, dan saya mengucapkan terima kasih kepada para peserta yang juga sangat antusias,” katanya.

Upacara Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Kabupaten Tabanan melibatkan ribuan peserta dari unsur ASN, TNI/Polri serta para siswa di Kabupaten Tabanan.

Pewarta: Rolandus Nampu/Pande Yudha

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023