PT PLN (Persero) membantu revitalisasi Pura Dalem Segara di Batubulan, Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali sebagai bentuk pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan sekaligus membangun sinergi dengan masyarakat.

Bantuan berupa uang sejumlah Rp500 juta secara simbolis diberikan oleh Manager Komunikasi dan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Bali I Made Arya kepada Ketua Panitia Pembangunan di Pura Dalem Segara Batubulan I Ketut Birawan disaksikan antara lain Anggota Komisi VI DPR RI Putu Supadma Rudana di Gianyar, Selasa.

“PLN sebagai salah satu BUMN di samping menjalankan proses bisnisnya juga memiliki tanggung jawab sosial dan lingkungan sehingga hari ini kami melaksanakan kegiatan penyerahan bantuan,” kata Arya.

Ia berharap bantuan untuk membangun tembok atau penyengker bangunan pura itu memberikan manfaat dan menambah kenyamanan masyarakat dalam melaksanakan kegiatan persembahyangan.

Anggota Komisi VI DPR RI Putu Supadma Rudana mengapresiasi kepedulian PLN terhadap masyarakat Batubulan.

Baca juga: PLN tawarkan penyandang disabilitas pasarkan karyanya di PLN Mobile

Ia menyebutkan pentingnya posisi PLN yang tak hanya sebagai penyedia infrastruktur kelistrikan, namun juga memastikan bahwa tanggung jawab sosial dan lingkungan dipenuhi.

Ia mengatakan Batubulan dikenal sebagai daerah yang kental seni dan budaya, yang mampu mempromosikan nama Bali sehingga diperlukan pembangunan dan peremajaan sarana prasarana umum.

“Banyak pembangunan yang belum dapat diselesaikan secara maksimal, termasuk dalam delapan tahun terakhir Pura Dalem ini belum tersentuh pembangunan. Untuk itu kami bersyukur PLN telah memberikan dukungannya,” katanya.

Ketua Panitia Pembangunan Pura Dalem Segara yang juga Bendesa Adat Dlod Tukad I Ketut Birawan mengapresiasi bantuan PLN.

Ia berkomitmen segera melaksanakan pembangunan tembok pura sesegera mungkin.

Secara terpisah, General Manger PT PLN (Persero) UID Bali I Wayan Udayana menyebutkan sepanjang 2023, PT PLN (Persero) UID Bali telah menyalurkan Program TJSL PLN Peduli kepada 23 penerima manfaat tersebar di seluruh kabupaten/kota di Bali.

Baca juga: PLN alirkan listrik tanpa mati selama Pesta Kesenian Bali XLV

"Penyaluran bantuan antara lain ditujukan untuk mencapai delapan sasaran SDGs (Sustainable Development Goals) atau tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) yang dicanangkan PBB," ujar dia.

Ia menyebutkan delapan program itu, antara lain menangani kelaparan, pendidikan berkualitas, kesetaraan gender, air bersih dan sanitasi layak, pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, industri, inovasi dan infrastruktur kota serta komunitas berkelanjutan, dan konsumsi serta produksi yang bertanggung jawab.

Ia mengungkapkan setidaknya terdapat tiga program prioritas yang saat ini menjadi perhatian utama PLN, yakni pendidikan, pengembangan usaha kecil dan menengah, serta program desa berdaya.

"Ke depannya PLN akan terus berupaya menjalankan program yang tak hanya berhenti pada pemberian bantuan saja namun juga fokus pada pendampingan sehingga berdampak secara langsung sekaligus mampu menerapkan konsep 'creating shared value' (menciptakan nilai bersama)," kata Udayana.

Pewarta: Rolandus Nampu

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023