Pemerintah Kabupaten Karangasem memperingati Hari Ulang Tahun ke-65 Provinsi Bali yang seiring dengan peringatan HUT ke-62 Pramuka yang diselenggarakan di Lapangan Tanah Aron, Amlapura, Senin (14/8/2023).

Upacara Bendera yang dihadiri oleh seluruh pegawai negeri sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karangasem dimulai dengan pembacaan sejarah pembentukan Provinsi Bali. Setelah itu, dilanjutkan dengan penghormatan terhadap Lambang Daerah Provinsi Bali "Bali Dwipa Jaya," pengibaran Bendera Merah Putih, mengheningkan cipta, pembacaan Naskah Pancasila oleh Inspektur Upacara, pembacaan UUD 1945, dan penampilan Paduan Suara Pemkab Karangasem yang menyanyikan lagu Hymna Bali Dwipa Jaya dan Satya Dharma Pramuka.

Bupati Gede Dana, yang juga bertindak sebagai Inspektur Upacara, membacakan amanat Gubernur Bali tentang prestasi pembangunan yang telah diraih oleh Provinsi Bali sesuai dengan Visi "Nangun Sat Kerthi Loka Bali." Visi ini menggarisbawahi pentingnya menjaga alam, manusia, dan kebudayaan Bali secara holistik.

Visi "Nangun Sat Kerthi Loka Bali" didasarkan pada nilai-nilai kearifan lokal Sad Kerthi, yang mencakup penyucian dan pemuliaan enam sumber kesejahteraan dan kebahagiaan kehidupan manusia, yaitu Atma Kerthi (Jiwa), Segara Kerthi (Laut dan Pantai), Danu Kerthi (Sumber Air), Wana Kerthi (Tumbuh-tumbuhan), Jana Kerthi (Manusia), dan Jagat Kerthi (Alam Semesta).

Acara juga dihadiri oleh Wakil Bupati Karangasem, I Wayan Artha Dipa, Ketua DPRD Karangasem, I Wayan Swastika, Forkopimda, dan sejumlah undangan lainnya. Upacara berlangsung meriah dan penuh semangat, diakhiri dengan penyerahan penghargaan oleh Bupati Karangasem kepada para pemenang lomba yang diselenggarakan dalam rangka peringatan HUT Pramuka ke-62.

Pewarta: Antara News Bali

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023