Pemerintah Kabupaten Badung, Bali memberikan bantuan empat unit traktor kepada para petani di Subak Yeh Dukuh, Banjar Dangin Bingin, Desa Sembung, Badung untuk mendukung ketahanan pangan.

"Penyerahan bantuan traktor ini adalah suatu bukti bahwa kami Pemerintah Kabupaten Badung sangat perhatian, memberikan atensi dan sangat mendukung pengembangan ketahanan petani di Badung," ujar Sekretaris Daerah Badung I Wayan Adi Arnawa dalam keterangan yang diterima di Mangupura, Bali, Jumat.

Ia mengatakan pihaknya juga akan terus menjalankan program-program yang diharapkan dapat meringankan beban para petani dan meningkatkan produktivitasnya serta menjaga keberlanjutan kualitas dari pada produksinya.

"Mudah-mudahan dengan adanya perhatian dari Pemkab Badung, nantinya para petani juga mendukung dan menjaga lahannya agar tetap terjaga serta hasil produksinya ditingkatkan lagi," kata dia.

Sekda Adi Arnawa mengatakan program yang akan dijalankan salah satunya adalah pemberian bantuan berupa benih oleh Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung untuk mendorong kegiatan para petani.

Menurutnya, kebijakan itu dijalankan juga sebagai salah satu upaya untuk mengendalikan inflasi dimana pengendalian inflasi di Badung berbasis ke hulu, tidak hanya berbasis di hilir seperti operasi-operasi pasar.

"Langkah ini selain untuk mengendalikan inflasi juga untuk meningkatkan pendapatan petani dan memastikan para petani di Badung mendapat perhatian dan dorongan untuk meningkatkan produksi," kata dia.

Produksi petani yang terus meningkat itu nantinya juga akan dibeli oleh Pemkab Badung sehingga nanti komunitas pangan padi termasuk gabah jangan sampai dibeli oleh tengkulak dalam bentuk tebasan.

"Oleh karena ini kami mendorong agar terjadi suatu peningkatan pendapatan petani dan kalau sudah terjadi peningkatan pendapatan petani otomatis masyarakat akan bangga menjadi petani sehingga lahannya tidak akan dimanfaatkan atau disewakan ke orang lain," ujar Sekda Adi Arnawa.

Sementara itu, perwakilan petani Subak Yeh Dukuh Nyoman Suweden berterima kasih kepada Pemkab Badung yang telah memberikan bantuan mesin traktor untuk membantu kegiatan pertanian di Subak Yeh Dukuh yang memiliki luas lahan 75 hektar dengan sebagian besar tanaman yang dihasilkan adalah padi.

"Mudah-mudahan bantuan mesin traktor ini dapat meningkatkan hasil panen dan meningkatkan kesejahteraan para petani. Selain itu, terkait dengan Jalan Usaha Tani (JUT) dan irigasi di Subak Yeh Dukuh. Kami berharap Pemkab Badung dapat membantu untuk penataan serta direalisasikan sehingga dapat memperlancar jaringan irigasi," kata dia.*

Pewarta: Rolandus Nampu/Naufal Fikri Yusuf

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023