Medan (Antara Bali) - Universitas Sumatera Utara (USU) menyiapkan sekitar enam ribu kursi dalam penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2013-2014 melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

"Jumlahnya tidak bebeda jauh dengan kuota tahun lalu, untuk tahun akademik 2013-1014, USU menerima sekitar enam ribuan mahasiswa baru," kata Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Syahril Pasaibu, di Medan, Rabu.

Namun berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini kuota untuk mahasiswa baru yang diterima masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lebih banyak melalui jalur undangan, yakni 60 persen, sementara 40 persen lagi diterima melalui jalur ujian tulis.

"Program SNMPTN tahun ini memang sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Tahun ini lebih banyak diterima melalui jalur undangan yang pendaftarannya dilakukan secara online. Jalur undangan ini menggunakan nilai UN dan nilai rapor," katanya.

Sementara Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) Prof Ibnu Hajar mengatakan rencana Kemendikbud menggunakan hasil (UN) sebagai salah satu syarat untuk masuk jenjang pendidikan tinggi mulai diwujudkan dalam SNMPTN 2013.

Nilai UN tersebut ditambah nilai rapor menjadi menjadi salah satu syarat utama mendaftar SNMPTN 2013, yakni melalui jalur undangan atau 60 persen dari kuota penerimaan mahasiswa baru. guna ditetapkan sebagai tersangka atau tidak terkait kepemilikan senjata tajam yang bisa dikenakan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1951 tentang senjata tajam dan senjata api. (*/DWA/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012