Pemerintah Kabupaten Buleleng, Bali memperkuat semangat kebangsaan masyarakat dan jajaran pemkab setempat melalui peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 2023 di daerah itu.

"Seratus lima belas tahun lalu, bara persatuan Indonesia sebagai negara mulai menyala. Hal ini, ditandai dengan meleburnya berbagai gerakan perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi satu barisan yang utuh," kata Penjabat Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-115 di halaman depan Kantor Bupati Buleleng di Buleleng, Senin.

Ia mengatakan selama tiga tahun terakhir di tengah kekurangan, tantangan, dan masalah yang dihadapi, barisan perjuangan rakyat Indonesia terbukti tetap erat dalam melaksanakan penanganan pandemi COVID-19 sekaligus untuk memulihkan perekonomian bangsa.

"Ini menjadi momentum untuk memaknai Hari Kebangkitan Nasional ke-115 sebagai upaya membangun semangat kebangsaan untuk bangkit pasca pandemi COVID-19," terangnya.

Ia menambahkan Hari Kebangkitan Nasional juga dimaknai dengan memperingati perjuangan bersama yang saling bahu-membahu, berkolaborasi menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan dalam mewujudkan kebangkitan bangsa dari berbagai krisis global.

Terkait dengan hal tersebut, pihaknya mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus mempertahankan semangat kebangkitan dan nasionalisme, sembari merapatkan barisan perjuangan untuk menunjukkan kerja keras, cerdas, dan kerja sama demi kemandirian dan kemajuan bangsa yang berkelanjutan.

"Mari terus bekerja sama di instansi pada tugas masing-masing. Saya yakini dengan spirit kebersamaan akan mampu menggapai tujuan-tujuan pembangunan daerah yang telah direncanakan," kata dia.

Pewarta: IMBA Purnomo/Naufal Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023