Salah satu desa di Kabupaten Jembrana, Bali yaitu Desa Manistutu masuk dalam nominasi Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023.

“Desa Manistutu masuk dalam nominasi bersama 75 desa lainnya di Indonesia,” kata  Direktur Tata Kelola Destinasi, Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Indra Ni Tua, saat melakukan penilaian ke desa tersebut, Senin.

Ia mengatakan, desa di wilayah Kecamatan Melaya itu memiliki potensi pariwisata yang lengkap mulai dari wisata alam, religi, sejarah, budaya hingga kuliner dan kerajinan.

Dengan potensi wisata yang menjadikan camping ground Mantu Cager di Desa Manistutu sebagai destinasi awal, menurutnya, seiring konektivitas lewat jalan tol, pariwisata di wilayah tersebut akan berkembang pesat.

Ia mencontohkan, keberadaan jalan tol di Pulau Jawa juga menjadi kebangkitan mobilitas 20 juta wisatawan.

“Saya menilai, sumbedaya manusia di Kabupaten Jembrana sudah siap untuk menyambut lonjakan kunjungan wisatawan,” katanya.

Bupati Jembrana I Nengah Tamba yang menerima kunjungan tim penilai dari Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif ini mengatakan, pihaknya akan terus berusaha mengembangkan pariwisata yang akan berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat.

Menurutnya, Desa Manistutu merupakan bagian dari ekosistem pengembangan dess wisata di Kabupaten Jembrana bersama sejumlah desa lainnya.

“Desa wisata di Jembrana pasti memiliki nilai jual terhadap wisatawan. Kunjungan wisatawan juga berarti peningkatan ekonomi masyarakat,” katanya.

Kepada masyarakat Desa Manistutu ia memberikan motivasi, agar terus mengembangkan objek wisata di wilayah tersebut.

“Dengan kerja keras kita semua, semoga Manistutu bisa juara dalam anugerah desa wisata Indonesia,” katanya.

Ketut Master, penggagas dari camping ground Mantu Cager mengatakan, ide besar dari objek tersebut adalah pariwisata berbasis konservasi alam.

Dengan gagasan seperti itu, ia mengatakan, salah satu kegiatan yang dilakukan adalah reboisasi serta menanamkan kepedulian terhadap alam bagi pengunjung.

“Kami ajak pengunjung melakukan penanaman pohon serta kegiatan cinta alam lainnya,” kata laki-laki yang penghobi offroad ini.***1***

 

Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023