DPC Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Jembrana, bekerjasama dengan pemerintah kabupaten dan pengusaha setempat memperingati May Day.

“Ada berbagai kegiatan akan kami lakukan bersama pemerintah dan pengusaha. Selain buruh, kami juga mengajak masyarakat luas ikut serta,” kata Ketua DPC KSPSI Jembrana Sukirman di Negara, Sabtu.

Ia mengatakan, meski bekerjasama dengan pemerintah dan pengusaha, pihaknya tetap memperjuangkan kepentingan buruh sesuai prinsip harmoni, dinamis dan berkeadilan.

Pria yang sudah lama menjadi aktivis buruh ini menilai, perjuangan bagi buruh tidak selalu harus memposisikan berhadap-hadapan dengan pengusaha dan pemerintah.

“Kalau memang bisa membangun sinergi dengan syarat kepentingan buruh diakomodir, kenapa kita tidak melakukan itu, ?” katanya.

Dari pengalaman yang sudah ia jalani, perjuangan dengan posisi berlawanan antara buruh dan pengusaha, tidak selalu menghasilkan hal yang produktif dan menguntungkan buruh.

Meski tidak menolak disebut berkompromi dengan pemerintah dan pengusaha untuk peringatan May Day, ia menegaskan, perjuangan DPC KSPSI Jembrana terkait upah, THR dan hak-hak buruh tetap pihaknya lakukan.

“Tujuan perjuangan kami untuk buruh tetap sama, caranya saja di Jembrana saat May Day kami tidak unjuk rasa melainkan bekerjasama dengan pengusaha dan pemerintah,” katanya.

Menurut dia, saat buruh, pengusaha dan pemerintah sama-sama paham serta melaksanakan hak dan kewajiban masing-masing, maka tidak akan ada persoalan ketenagakerjaan.

“Kalau tidak ada persoalan antara buruh dan pengusaha, iklim usaha yang kondusif akan menarik minat investor,” katanya.

Untuk kegiatan yang akan dimulai Minggu (30/4) sore besok, ia mengatakan, akan diikuti sekitar 1000 orang buruh dari seluruh Jembrana.

Bersama dengan pengusaha dan pemerintah, mereka akan menggelar berbagai kegiatan seperti jalan santai, donor darah, pembagian bantuan sembako, pameran UMKM dan lain-lain.

Sebelumnya, Sukirman juga sudah bertemu dengan Kapolres Jembrana Ajun Komisaris Besar (AKBP) I Dewa Gde Juliana yang mendukung kegiatan bersama saat May Day.

Selain pengamanan, saat kegiatan Polres Jembrana akan membuka pelayanan perpanjangan SIM dan SKCK.

“Ada juga bantuan paket sembako dari Polres. Untuk kegiatan ini kami dari buruh menyumbang tenaga, dana dari pengusaha, sementara Pemkab dan Polres Jembrana membantu berbagai jenis kebutuhan saat kegiatan,” kata Sukirman.***1****

Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023