Sebanyak 2.000 penumpang kedatangan diprediksi akan memasuki Terminal Mengwi, Bali, di puncak arus balik yang diperkirakan terjadi pada H+2 Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Kita prediksi memang hari ini (puncak arus balik) karena ini terakhir cuti bersama, besok sudah mulai kerja. Hari ini harusnya kalau dihubungkan dengan arus mudiknya 2.000-an yang datang, karena kemarin puncak arus mudik sampai 2.427 penumpang dengan busnya 81 unit," kata Plt Korsatpel Terminal Tipe A Mengwi Made Ardana.

Di Kabupaten Badung, Bali, Selasa, Ardana menuturkan peningkatan kedatangan sudah mulai terasa, di mana pada H+1 lebaran sebanyak 26 unit bus dan 598 penumpang tiba setelah sebelumnya di hari pertama dan kedua lebaran hanya terdapat 15 unit bus dengan kurang dari 300 penumpang.

"Akan tetapi ada yang mengikuti liburan panjang sampai tanggal 1 Mei, jadi tanggal 2 mulai masuk kerja lagi, bisa jadi tanggal 1 Mei ada puncak arus balik juga," ujarnya.

Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, puncak arus mudik terjadi pada H+3 Idul Fitri, sementara dengan perbedaan waktu libur di tahun ini mengakibatkan pemudik kembali di waktu yang berbeda.

"Karena jadwal libur berbeda jadi ada yang datang lebih awal. Sebagian cutinya bertahap, besok ada yang mulai ngantor tapi ada yang durasi libur sampai 1 April, itu yang mempengaruhi beberapa pemudik menunda balik," jelas Ardana kepada media.

Baca juga: Terminal Mengwi mulai dibanjiri penumpang arus balik

Menurut dia, setidaknya pada hari ini 50 persen penumpang dari jumlah keberangkatan saat puncak arus mudik datang kembali, meski pergerakan dipastikan akan berlangsung hingga 1 Mei.2023 nanti.

Tercatat sejak pukul 2.00 Wita hingga 12.00 Wita hari ini sebanyak 32 unit bus dengan 854 penumpang telah tiba, dan pendataan masih akan berlanjut hingga pukul 8.00 Wita besok.

Untuk mengantisipasi lonjakan kedatangan selama musim arus balik, Terminal Mengwi bekerja sama dengan Satpol PP turut melaksanakan pemeriksaan identitas penumpang, mengingat umumnya jumlah kedatangan akan melebihi jumlah keberangkatan.

Salah satu penumpang yang dijumpai saat H+2 lebaran di Terminal Mengwi adalah Eko Nuryadi (29) yang sebelumnya juga menaiki angkutan resmi untuk mudik.

Baca juga: Sebanyak 74 bus tercatat berangkat dari Terminal Mengwi dalam setengah hari

Kepada media, Eko menyampaikan perjalanannya di arus balik lancar dan tidak ada kemacetan seperti saat arus mudik di Rabu (19/4) lalu.

"Ini datang dari Klaten, Jawa Tengah, ke Bali kemarin aman dan lancar, kalau berangkat ke sana aman perjalanan cuma agak macet," kata dia.

Meski menurut dia.angkutan resmi kerap lambat datang dari jadwal seharusnya, Eko menuturkan akan tetap menggunakan bus untuk mudik Lebaran selanjutnya karena dinilai efisien, aman, dan nyaman.

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023