Politeknik Transportasi Darat (Poltrada) Bali menerapkan pakta integritas bagi seluruh pegawai setempat untuk mencegah praktik kolusi dan nepotisme dalam Seleksi Calon Taruna (Sipencatar) 2023 yang dibuka Kementerian Perhubungan.

"Kalau ada masyarakat yang menemukan adanya pelanggaran, kami sangat terbuka untuk menerima laporan dan menindaklanjutinya," kata Direktur Politeknik Transportasi Darat (Poltrada) Bali Dr Ir Efendhi Prih Raharjo, di Denpasar, Selasa.

Kementerian Perhubungan pada tahun ini kembali membuka Seleksi Calon Taruna (Sipencatar) 2023 jalur pembibitan Politeknik baik untuk matra darat, laut maupun udara. Terkait kegiatan itu, Politeknik Transportasi Darat (Poltrada) Bali menjadi salah satu lokasi seleksi.

"Tentu ini menjadi kesempatan bagi pendaftar dari Bali karena tak perlu jauh-jauh untuk mengikuti seleksi dan bisa memilih Politeknik yang ada di Aceh hingga Papua," ujar Efendhi.

Ia menambahkan, secara internal seluruh pegawai Poltrada Bali telah diminta untuk menandatangani pakta integritas yang menyatakan tidak akan melakukan tindakan kolusi maupun nepotisme dan memberi janji-janji kelulusan.

Demikian pula terkait pelaksanaan tes, pihaknya menjamin dari internal Poltrada Bali tidak ada yang bisa mencampuri hasilnya.

Secara keseluruhan jumlah formasi yang tersedia adalah sebanyak 1.408. Namun untuk Poltrada Bali hanya ada 49 formasi saja yakni 24 taruna untuk D III Manajemen Transportasi Jalan (MTJ) dan 25 formasi untuk D III Teknologi Otomotif.

Efendhi menyebut proses seleksi telah dimulai dengan masa pendaftaran antara tanggal 1 April hingga 30 April 2023. Informasi mengenai proses pendaftaran bisa dilihat secara online melalui web sipencatar.dephub.go.id.

Bila telah dinyatakan lolos administrasi, peserta dapat mengikuti tahapan tes selanjutnya. Berturut-turut antara lain Tes Kompetensi Dasar (TKD), tes kesehatan, tes kesamaptaan, psikotest dan wawancara.

"Tes itu melibatkan pihak ketiga untuk menjamin akuntabilitasnya," kata Efendhi.

Diantaranya Tes Kompetensi Dasar (TKD) dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN), tes kesehatan oleh rumah sakit yang ditunjuk dan berasal dari RS Polri atau TNI dan psikotest oleh lembaga dari universitas.

 

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023