Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali menyerahkan bantuan dua unit alat running text yang akan dipasang di pasar tradisional kepada Pemerintah Kabupaten Badung, Bali untuk mendukung penyediaan data harga kebutuhan pokok.

"Fasilitas ini diberikan dalam rangka mendukung terkait dengan tugas-tugas pemantauan harga barang kebutuhan pokok," ujar Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Badung Made Widiana di Mangupura, Rabu.

Bantuan itu merupakan dukungan Bank BPD Bali terhadap akurasi atau kualitas data harga pada aplikasi atau website SiGapura dan meningkatkan kelancaran komunikasi sumber data harga dari pengelola pasar serta memberikan informasi yang transparan dan real time kepada konsumen.

Bantuan running text itu nantinya akan dipasang di Pasar Jimbaran dan Pasar Padangluih Tuka Dalung untuk menampilkan harga kebutuhan pokok per hari sehingga masyarakat pembeli di pasar tradisional itu bisa mengetahui data harga terkini untuk kebutuhan pokok.

Made Widiana menjelaskan dengan adanya fasilitas yang diberikan itu, pihaknya berharap, masyarakat akan bisa mengetahui harga terbaru dari bahan-bahan kebutuhan pokok yang dijual di pasar.

Baca juga: Pemkot Denpasar cek bahan pokok di pasar tradisional saat Ramadhan

Selain itu, fasilitas itu juga dinilai bermanfaat untuk untuk Tim Pemantauan dan Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) guna mempercepat dengan cepat melaporkan harga harga bahan pokok.

"Kami pun bisa secepat mungkin melaporkan kepada pemerintah di pusat, melalui inspektorat jenderal Depdagri, terkait perkembangan harga di Badung. Karena kami wajib melaporkan perkembangan harga setiap harinya," kata dia.

Selain menyerahkan bantuan alat running text, BPD Bali juga menyerahkan enam unit ponsel yang akan digunakan untuk fasilitas pengiriman data harga kebutuhan pokok kepada tim TPID.

Made Widiana mengungkapkan, dengan fasilitas itu nantinya para petugas pasar, akan dapat menginformasikan setiap hari terkait dengan perkembangan harga bahan-bahan pokok.

"Nanti dari petugas pasar akan memperbarui data setiap hari terkait harga kebutuhan pokok ke TIPD, Sehingga dari tim TPID bisa mendapatkan, harga terbaru setiap harinya," tambah dia.

Baca juga: BI: IKK Bali turun dampak kenaikan harga bahan pokok

Terkait kondisi harga di pasaran saat ini, ia menjelaskan saat ini untuk harga bahan-bahan pokok di Badung kondisinya cukup stabil, kecuali harga cabai dan telur yang masih cukup tinggi.

Namun demikian, dalam memenuhi kebutuhan saat Idul Fitri nanti, pihaknya mengaku stok kebutuhan pokok sangat mencukupi. Selain itu, distributor-distributor yang ada di Badung, menyebutkan apabila ketersediaan bahan pokok mencukupi untuk enam bulan kedepan.

"Kami pun juga rutin melakukan pengecekan-pengecekan stok bahan pokok ini di distributor-distributor. Intinya untuk enam bulan ke depan stok mencukupi," pungkas Made Widiana.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023