Bogor (Antara Bali) - Bunga Bangkai Amorphophallus Titanum, untuk ke enam kalinya dalam kurun waktu dua tahun, kembali mekar di Kebun Raya Bogor.

"Diprediksikan bunga bangka Amorphophalus Titanum ini akan mekar sempurna di akhir November," kata Dr Diah Latifah Koordinator Peneliti Bunga Amorphophalus Titanum, saat ditemui di Kebun Raya Bogor, Sabtu.

Diah mengatakan, saat ini bungan bangkai Amorphophalus Titanum masih dalam bentuk kuncup belum mekar dengan ukuran tinggi telah mencapai 171 cm.

Bunga bangka Amorphophalus Titanum dengan nomor koleksi VI.C. 483 ini berasal dari Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan.

Diah menjelaskan, bunga ini ditanam dari umbi yang dibawa dari daerah asalnya pada 2 November 2009 lalu. Bunga dari umbi yang sama pertama mekar pada 8 Januari 2010. Fase daun berlangsung selama 12 bulan, kemudian umbi seberat 23 kg memasuki periode dorman (fase istirahat) selama sembilan bulan.

Kepala Humas dan Informasi Data Kebun Raya Bogor, Sofie Mursida yang juga salah satu peneliti konservasi menyebutkan, sebelum bunga bangkai Amorphophalus Titanum mekar, bunga bangkai Rafflesia Patma juga pernah mekar pada 2 November 2012 lalu. (LHS/IGT/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012