Pangururan, Sumut (Antara Bali) - Taman bumi atau "geopark" Danau Toba akan dijadikan sebagai ikon pariwisata Samosir, Sumut karena warisan geologi itu merupakan keunggulan tujuan wisata minat khusus perpaduan potensi alam dengan kekayaan budaya.

"Pembenahan kawasan geopark Toba akan terus diupayakan hingga mampu menjadi daerah tujuan wisata unggulan yang sanggup bersaing dengan objek wisata lainnya," kata Kepala Dinas Pariwisata Samosir, Theodora Sihotang di Pangururan, Jumat.

Menurut dia, potensi etalase Danau Toba sebagai danau vulkanik terluas di Asia Tenggara itu akan menjadi ikon pariwisata sebagai taman bumi yang cukup menarik, karena keindahan panorama alamnya dilengkapi kekayaan adat budaya serta dianggap asal leluhur suku Batak.

Selain itu, Danau yang terletak di wilayah bagian tengah provinsi Sumatera Utara itu, memiliki lokasi wisata bernilai geologi penting serta merupakan aset wisata bertaraf internasional, sehingga perlu dikembangkan secara lebih maksimal.

"Taman bumi dimaksud akan memperkaya berbagai event, sehingga objek wisata di kawasan Danau Toba tersebut bisa meningkat pengunjungnya," ujar Theodora. (LHS/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012