Ottawa (Antara Bali/PRNewswire) - Pada malam pertemuan antara Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan Presiden Myanmar U Thein Sein, lima perempuan pemenang Hadiah Nobel Perdamaian dari the Nobel Women’s Initiatives mengirimkan surat terbuka mendesak para kepala negara untuk berkomitmen dalam mengakhiri kekerasan yang meningkat dan sistematis di negara bagian Rakhine. Ini akan mencakup akses penuh untuk bantuan kemanusiaan ke daerah yang terkena dan penciptaan proses rekonsiliasi yang dipimpin oleh tokoh masyarakat setempat.

Berikut adalah salinan surat terbuka tersebut:

18 November 2012

Presiden Barack Obama
Gedung Putih
1600 Pennsylvania Avenue NW
Washington DC 20500 USA

Presiden U Thein Sein
Kantor Presiden
Naypyidaw
Myanmar

Dalam rangka mendukung Perdamaian, rekonsiliasi dan Pembangunan di Myanmar

Yang Terhomat President Obama,
Yang Terhormat President Thein Sein,

Saat Anda bertemu di Myanmar pekan ini, kami menulis untuk mendesak komitmen Anda dalam mengakhiri kekerasan yang meningkat dan sistematis di negara bagian Rakhine. Kami sangat sedih dengan laporan tewasnya 170 orang, dan perpindahan sampai dengan 110.000 orang meninggalkan rumah mereka. Kami juga mendorong penghapusan pembatasan bantuan kemanusiaan, mencegah korban kekerasan - termasuk perempuan dan anak-anak - dari mendapatkan yang sangat dibutuhkan bantuan makanan, kesehatan dan tempat tinggal.

Sebagai pemimpin perdamaian, kami mengikuti konflik di negara bagian Kachin dan Rakhine dengan perhatian yang besar. Sesama pemenang  Nobel dan anggota parlemen Myanmar Aung San Suu Kyi baru-baru ini menyebut kekerasan yang sedang berlangsung sebagai "tragedi internasional yang besar." Surat ini adalah panggilan mendesak untuk memprioritaskan dalam diskusi Anda mengakhiri kekerasan di kedua negara bagian dan perlindungan serta pengiriman bantuan kepada masyarakat yang rentan.

Kami tidak dapat mendukung alasan menggunakan kekerasan untuk mengakhiri kekerasan. Kami memegang keyakinan bahwa kekerasan tidak akan meringankan penderitaan rakyat Myanmar. Penerimaan pasif dari marjinalisasi dan diskriminasi dari kelompok minoritas, yang berpikir itu akan mengarah ke perdamaian, adalah logika cacat. Tidak harus dipenuhi oleh ketiadaan kemauan politik nasional dan internasional. Selain itu, konflik-konflik kekerasan, jika tidak diselesaikan, akan terus menunda reformasi yang sangat dibutuhkan dalam pembangunan ekonomi dan dapat menyebar kerusuhan dan kekerasan ke daerah lain dan mengguncang wilayah tersebut.

Prioritas Anda harus mencakup penciptaan proses rekonsiliasi inklusif sepenuhnya di negara bagian Rakhine dan dimulainya kembali pembicaraan damai yang berarti dengan para pemimpin Negara Bagian Kachin. Perempuan merupakan bagian penting dari upaya tersebut dan harus sepenuhnya terwakili dan benar-benar terlibat dalam kedua proses. Selain itu, perdamaian abadi akan membutuhkan komitmen nasional dan internasional untuk mengakhiri keadaan tanpa kewarganegaraan orang Rohingya, dengan upaya pembangunan yang meningkatkan kesejahteraan dan pendidikan bagi seluruh rakyat Myanmar.

Kami menghargai langkah-langkah positif baru-baru ini untuk reformasi demokrasi di Myanmar. Namun, untuk benar-benar berhasil, diperlukan penanganan tepat untuk menjamin pencantuman murni dari semua kelompok politik, etnis, agama dan dalam pembangunan masa depan negara. Ketidakmampuan untuk mengatur orang-orang yang beragam tanpa penindasan atau kekerasan akan mengancam pembangunan, perdamaian dan stabilitas dalam Myanmar. Ini adalah keyakinan kami, bahwa orang-orang dari Myanmar memiliki kesempatan untuk menunjukkan kualitas terbaik dari sebuah negara multi-etnis dengan penerimaan dan perlindungan dari semua agama dan etnis. Ini memang mungkin dan selaras dengan kepentingan nasional Anda.

Karena itu kami menyerukan:

* Akses penuh untuk bantuan kemanusiaan ke daerah bencana.
* Penciptaan sebuah proses rekonsiliasi yang dipimpin oleh masyarakat setempat dan para tetua agama.
* Dan pada akhirnya, komitmen pribadi Anda untuk mengakhiri kekerasan yang meningkat dan sistematis di negara bagian Rakhine.

Pemerintah Myanmar memiliki tugas berat dalam mencegah keluhan yang belum terselesaikan dari meledak menjadi konflik kekerasan negara-lebar dan regional. Kami bersama  Anda dan rakyat Myanmar bekerja untuk memajukan kebebasan manusia dan mendukung pembangunan demokrasi dan ekonomi sehingga semua yang berada dalam negara dan daerah dapat berkembang.

Dengan hormat,

Jody Williams
Pemenang Nobel Perdamaian, 1997

Leymah Gbowee
Pemenang Nobel Perdamaian, 2011

Mairead Maguire
Pemenang Nobel Perdamaian, 1976

Rigoberta Menchu Tum
Pemenang Nobel Perdamaian, 1992

Shirin Ebadi
Pemenang Nobel Perdamaian, 2003

Tentang The Nobel Women’s Initiatives

The Nobel Women’s Initiatives adalah organisasi yang terdiri dari enam Pemenang Hadiah Nobel Perdamaian : Mairead Maguire, Rigoberta Menchu Tum, Jody Williams, Shirin Ebadi, Leymah Gbowee & Tawakkol Karman.The Nobel Women’s Initiatives diciptakan dengan visi membantu memperkuat pekerjaan yang dilakukan untuk mendukung hak-hak perempuan diseluruh dunia. The Nobel Women’s Initiatives menggunakan pamor dari Hadiah Nobel Perdamaian dankeberanian wanita pemenang nobel perdamaian  untuk memperbesar kekuatan dan visibilitas perempuan yang bekerja di negara-negara di seluruh dunia untuk perdamaian, keadilan dan kesetaraan. Kunjungi website kami di http://nobelwomensinitiative.org

HUBUNGI:
Rachel Vincent
Manager, Media & Communications
Mobile: +1.613.276.9030
rvincent@nobelwomensintiative.org
(Press release/ADT/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012