iOS dan iPadOS versi 16.2 telah dirilis beberapa minggu yang lalu, sehingga bagi para pengguna iPhone tentunya dengan berbagai fitur mutakhir yang ditawarkan itu dapat memberikan sesuatu yang lebih segar pada gadget kesayangan anda.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Antara, Selasa, seperti yang dikutip dari Teknogram, iOS 16.2 merupakan update terbesar dari Apple menyusul rumor perilisan iPad SE 4 dan pembaruan iCloud untuk Windows.

Adanya update baru pada iPhone memungkinkan pengguna untuk melakukan kustomisasi yang lebih banyak daripada versi sebelumnya.

Berikut adalah beberapa kustomisasi yang wajib dilakukan oleh pengguna iOS terbaru maupun pengguna yang baru membeli iPhone.

Pertama, atur notifikasi dan nada dering

Ketika mengupdate iOS, jangan sampai lupa untuk kembali mengecek pengaturan notifikasi di perangkatmu.

Pasalnya, pengaturan notifikasi ini kerap diperbarui dan menimpa pengaturan kustomisasi yang lama.

Selain itu, jangan lupa juga untuk mengatur nada dering terbaru di iPhonemu.

Bagi pengguna lama pun tak perlu khawatir, meskipun tidak bisa mendapatkan nada terbaru di iOS-nya, kalian masih dapat menggunakannya dengan download nada dering iPhone terbaru dan mengaturnya secara manual.

Kedua, atur lock screen

Selain notifikasi, kalian juga bisa menggunakan fitur terbaru Lock Screen di iOS 16.2. Di versi terbaru ini, pengguna bisa menggunakan lebih dari 1 gambar untuk dijadikan Lock Screen iPhone.

Untuk mengatur Lock Screen, pengguna cukup tekan dan tahan wallpaper iPhone mereka kemudian menekan tombol Customize untuk mengedit Lock Screen terbarunya.

Ketiga, enkripsi data iCloud

Secara default, Apple sudah menerapkan enkripsi data yang disinkronkan melalui iCloud masing-masing pengguna.

Di update versi 16.2 ini, Apple merilis Advanced Data Protection yang akan mengaktifkan enkripsi end-to-end tingkat lanjut pada setiap data yang ada di iCloud.

Jadi, pastikan kamu sudah mengaktifkan fitur ini melalui pengaturan iCloud yang ada di iPhone.

Keempat, upgrade laman home

Pada iOS 16.2, Apple memberikan pengalaman baru untuk laman Home di iPhone dan iPad.

Secara default, fitur baru ini belum aktif bersamaan dengan iOS 16.2, jadi pengguna harus mengupdatenya secara manual dengan membuka aplikasi Home, kemudian klik pada menu Home settings dan menuju menu Software Update.

Jika sudah, pengguna iPhone dengan iOS 16.2 bisa memperbaruinya dengan menekan opsi Home Upgrade Available.

Dengan beberapa tips di atas, pengguna iPhone bisa merasakan pengalaman baru pada fitur-fitur termutakhir dari iOS 16.2 maupun iPadOS 16.2.
 

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023