London (Antara Bali) - Pagelaran Kesenian Indonesia menampilkan penyanyi belia Gita Gutawa yang melantunkan lagu Rayuan Pulau Kelapa ditambah dengan munculnya penari bidadari berpakaian tradisional Nusantara, berhasil menggetarkan hati sekitar 500  penonton.

Penampilan  model-model asal Inggris dalam rangkaian kegiatan Indonesian Scholars International Convention (ISIC) 2012  dengan acara kesenian Nusantara "Gala Cultural Night" itu diadakan di Logan Hall, Institute of Education University of London,  Minggu (11/11) malam.

Acara Gala Cultural Night mengusung tema Discovery Indonesia untuk mengenalkan berbagai kebudayaan tanah air ke khalayak luas di Inggris itu digelar Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) UK yang berkolaborasi dengan BNI cabang London dan KBRI London.

Berbagai tari-tarian tradisional dipentaskan pelajar Indonesia di Inggris Raya seperti tari Kipas dari Sulawesi sebagai pembuka acara, dilanjutkan dengan Tari Ngibing khas Betawi dan Tari Teruna Jaya asal Bali.

Penampilan Tari Saman asal Aceh mempesona yang membuat penonton di Institute of Education London memberikan standing ovation. Tari yang ditampilkan secara luar biasa ini ternyata ditampilkan oleh pelajar Indonesia asal Nottingham dan bukan penari profesional. "Its Wonderful," ujar Miriam Kennet , CEO Green Economics Institute.

Grup angklung asal kota Newcastle mementaskan medley lagu-lagu daerah mengajak penonton ikut bernyanyi bersama. Sedangkan  DR. Ki Purwadi dari Yogyakarta, yang datang khusus untuk acara Gala Cultural Night, mementaskan pertunjukkan wayang yang menceritakan kisah  pelajar yang merantau. (LHS/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012