Kepala Sekolah SMK Pandawa Bali Global, Hery Nugroho dalam perayaan 51 tahun hari jadi sekolah tersebut menawarkan lima kompetensi unggulan yang menghasilkan lulusan siap kerja di sekolahnya

"SMK Pandawa Bali Global dengan lima kompetensi keahlian yaitu Akuntansi Keuangan dan Lembaga, Multimedia, Tata Boga, Teknik Bisnis Sepeda Motor, dan Perhotelan. Untuk jumlah sebaran peserta didik baru merata, dan primadona sekarang di jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor, Multimedia, juga Tata Boga," kata dia.

Saat acara puncak HUT ke-51 SMK Pandawa Bali Global di Lapangan Kopral I Wayan Surem, Kabupaten Badung, Jumat, Hery menyampaikan bahwa sekolah kejuruan tersebut memiliki lulusan siap kerja yang dilabeli langsung oleh Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Badung.

"Sekolah kami ditunjuk sebagai role model SMK siap kerja di Kabupaten Badung, sehingga lulusannya sudah tersertifikasi siswa yang kompeten dari lembaga sertifikasi profesional dan siap disalurkan kerja ke dunia usaha dan industri," ujarnya.

Pada tahun ajaran 2022-2023 sendiri, Hery mengaku peningkatan peserta didik secara drastis terjadi di SMK Pandawa Bali Global, dengan kenaikan 160 persen menjadi sejarah baru bagi sekolah yang bekerja sama dengan ITB Stikom Bali itu.

Atas kerja sama yang berlangsung sejak 2018 itu juga, lulusan Multimedia SMK Pandawa Bali Global mendapat kemudahan seperti beasiswa kuliah hingga 75 persen.

Di HUT ke-51 sekolah kejuruan tersebut, Hery Nugroho menargetkan agar SMK Pandawa Bali Global tetap ada di dunia pendidikan dan dipercaya masyarakat serta berprestasi.

Ketua Panitia HUT ke-51 SMK Pandawa Bali Global Ni Putu Sri Puspitawati menambahkan, perayaan tahun ini dirangkaikan dengan lomba-lomba melibatkan siswa SMP dan SMA se-Provinsi Bali.

"Ada tujuh lomba yang diikuti dan ada juga kegiatan Seminar Nasional, untuk hari ini kegiatan ditutup malam puncak. Untuk siswa kami cukup aktif terbukti dengan penjualan tiket lumayan tinggi dan jumlah peserta lomba hampir 70 orang," kata dia.

Putu Sri menyampaikan bahwa minat partisipasi tak hanya datang dari siswa dan peserta lomba, melainkan UMKM di sekitar Abiansemal dan Blahkiuh, Badung, di mana sebanyak 60 pelaku usaha berminat partisipasi namun diseleksi hingga terpilih 40 stan di acara puncak.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Badung yang membacakan pidato Bupati Badung Giri Prasta hanya menyampaikan harapan agar momentum ini membangkitkan semangat dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

"Peran yang telah ditunjukkan dengan berbagai kegiatan memberi isyarat bahwa SMK Pandawa Bali Global akan dapat memberikan kontribusi positif dalam membekali siswa dan generasi muda. Oleh karena itu saya harap dapat memberi kontribusi positif dalam meningkatkan proses pembelajaran," ujarnya.

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022