Dua calon pemain naturalisasi Rafael Struick dan Zico Soree bangga bisa memperkuat tim nasional U-20 Indonesia saat menghadapi Slovakia pada laga uji coba di Spanyol, Sabtu (19/11), yang menjadi debut mereka berseragam Garuda di dada.

"Saya senang bisa bermain untuk Indonesia dan bangga dapat mencetak gol untuk negara yang luar biasa ini," ujar Rafael, yang membuat satu-satunya gol Indonesia ke gawang Slovakia, diunggah di akun Youtube PSSI TV, Minggu.

Pemain berusia 19 tahun itu menilai timnas U-20 Indonesia adalah skuad yang memiliki potensi besar.

Hal itu terlihat ketika skuad asuhan pelatih Shin Tae-yong berlaga kontra Slovakia. Meski kalah, Rafael terkesan dengan kualitas rekan-rekannya.

"Kami menekan dengan baik dan memiliki energi bagus. Kami pun tampil apik pada babak kedua meski pada akhirnya kami kalah," tutur dia.

Baca juga: Timnas U-20 kedatangan dua pemain Belanda

Senada dengan Rafael, Zico Soree juga gembira dengan debutnya bersama timnas U-20 Indonesia.

"Bermain untuk Indonesia menjadi sebuah kehormatan. Saya bersyukur. Itu mimpi yang menjadi nyata," tutur Zico.

Pemain berumur 19 tahun itu juga melihat timnas U-20 Indonesia mempunyai masa depan cerah.

"Melawan Slovakia itu pertandingan yang sulit, tetapi kami bermain baik pada banyak kesempatan," kata Zico.

Baca juga: 2021, FIFA tunjuk Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U-20

Rafael dan Zico adalah pemain asal Belanda keturunan Indonesia yang tengah dibidik PSSI untuk mengisi satu tempat di timnas Indonesia yang akan berlaga di Piala Dunia U-20 2023.

Zico Jamai Soree merupakan penyerang berusia 19 tahun dan kini bermain untuk tim U-21 PEC Zwolle di Belanda. Sementara Rafael Struick (19 tahun) adalah penyerang sayap klub ADO Den Haag, tim yang berkompetisi di liga lapis kedua Belanda.

Laga-laga persahabatan timnas U-20 Indonesia di Spanyol, yang dilakukan di sela TC, menjadi salah satu persiapan menuju Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 2023. Sebelumnya, Indonesia menjalani TC di Turki.

Selama TC di Turki, yang berlangsung mulai 16 Oktober-13 November 2022, skuad asuhan pelatih Shin Tae-yong melakukan tujuh laga uji coba, di mana tiga di antaranya berakhir dengan kemenangan untuk Indonesia.

Adapun Piala Asia U-20 2023 akan digelar pada 1-18 Maret 2023 di Uzbekistan. Piala Dunia U-20 2023 berlangsung pada 20 Mei-11 Juni 2023 di Indonesia.


 
 

Pewarta: Michael Siahaan

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022