Denpasar (Antara Bali) - Perolehan devisa dari sektor perikanan Bali tampaknya masih berkurang sepanjang tahun 2012, salah satu akibat berkurangnya supplai ikan di laut lepas yang diindikasi akibat penggunaan jaring purse seine.

Realisasi ekspor sektor perikanan berkurang terakhir ini dari bernilai sekitar 12 juta dolar selama Juli menjadi hanya 11,9 juta dolar AS selama Agustus 2012, kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali, Ir I Made Gunaja MSi di Denpasar Senin.

Sementara Bank Indonesia juga mencatat hal yang sama bahwa, ekspor hasil perikanan masih mengalami kontraksi pada triwulan II-2012, yang dipengaruhi oleh penangkapan ikan di laut lepas yang masih cenderung menurun.

Berdasarkan informasi, penurunan produksi disebabkan oleh berkurangnya supplai ikan di laut lepas yang diindikasikan akibat penggunakan jaring purse seine, yang mampu menjaring semua jenis ikan yang lewat, sehingga mengurangi ketersediaan ikan (terutama tuna) di laut lepas.

Penangkapan ikan diperkirakan masih menemui kendala sepanjang tahun 2012. Ekspor komoditas perikanan juga masih mengalami kontraksi sebesar 9,58 persen (YOY) di triwulan II-2012, dengan perolehan devisa sebesar 30,82 juta dolar dengan pangsa pasar terbesar ke Jepang dan Amerika.(*/ADT)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012