Pemerintah Kabupaten Badung Bali mendukung dan mendorong generasi muda setempat untuk untuk ikut menghidupkan sektor ekonomi kerakyatan setempat.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan rencana penyelenggaraan Badung Youth Festival (BYF) 2022 yang akan mengakomodir para generasi muda Badung yang bergerak di bidang UMKM seni budaya, pendidikan hingga otomotif.

"Kami mengapresiasi Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Badung yang menginisiasi kegiatan Badung Youth Festival ini. Gelaran BYF sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk menghidupkan sektor ekonomi kerakyatan," ujar Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dalam keterangan yang diterima di Mangupura, Senin.

Ia mengatakan, kegiatan kepemudaan itu juga sejalan dengan program yang telah dilakukan Pemkab Badung dalam mendukung perekonomian masyarakat khususnya dalam sektor non-formal.

"Kami di pemerintahan Kabupaten Badung juga sudah mendukung arahan Presiden untuk menggerakkan sektor non-formal melalui penyaluran dana hibah dan bantuan keuangan khusus sehingga daya beli masyarakat menjadi kuat," kata dia.

Selain meminta generasi muda untuk ikut menggerakkan ekonomi, ia menjelaskan, pihaknya selalu berkomitmen dalam memfasilitasi generasi muda di wilayahnya agar Badung dapat terus bertumbuh bertransformasi menjadi daerah yang unggul hebat dan juara.

Baca juga: Pemkab Bangka belajar kiat tingkatan PAD di Kabupaten Badung

Bupati Giri Prasta juga mengingatkan generasi muda Badung khususnya yang tergabung dalam wadah KNPI agar jangan pernah melanggar hukum, terlebih anggota KNPI Badung merupakan para akademisi dan pekerja yang kompeten di bidangnya masing-masing.

"Kami memfasilitasi pemuda dengan membuatkan jembatan emas, agar merek bisa melintasinya dengan baik sehingga bisa mencapai tujuan serta bisa mewujudkan Kabupaten Badung ini menjadi lebih hebat dan juara," ungkap dia.

Ia juga berharap gelaran Badung Youth Festival tersebut bisa berlanjut setiap tahunnya dan harus memberikan kesan yang baik apalagi momentum pelaksanaan BYF itu berkaitan dengan Hari Sumpah Pemuda.

"Kalau gelaran Badung Youth Festival pertama ini berjalan dengan baik, saya pastikan kegiatan ini akan berlanjut dengan skala yang lebih besar lagi," tambah Bupati Giri Prasta.

Ketua KNPI Badung Tommy Martana Putra menjelaskan kegiatan Badung Youth Festival rencananya akan dilaksanakan pada 28-29 Oktober 2022 di Balai Budaya Giri Nata Mandala, Pusat Pemerintahan Badung.

Baca juga: Pemkab Badung ingatkan warga gunakan dana hibah untuk bangun lingkungan

Kegiatan yang merupakan program kerja unggulan dari KNPI Badung itu akan melibatkan berbagai kalangan yakni bidang pendidikan, olahraga, seni budaya, otomotif dan UMKM dengan mengambil tema "Melalui Peran Pemuda, Bangkit Bersama Menuju Badung Hebat.

"Pelaksanaan BYF akan menjadi landasan awal sekaligus juga titik balik bagi kebangkitan kegiatan kepemudaan Kabupaten Badung yang identik dengan agen perubahan," ujar dia.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022