Nusa Penida (Antara Bali) - Pemerintah Provinsi Bali mengirimkan bantuan beras 35,5 ton ke Nusa Penida, Klungkung, untuk mengatasi kekeringan di daerah itu.

"Bapak Gubernur meminta kami untuk menanggulangi musim kemarau yang berkepanjangan ini melalui bantuan tanggap darurat berupa beras dari cadangan pemerintah. Beliau berharap bantuan yang dikucurkan dapat meringankan warga kurang mampu yang berada di Nusa Penida," kata Kepala Dinas Sosial Provinsi Bali Ketut Susrama, di sela penyerahan bantuan secara simbolis di Kantor Kepala Desa Batununggul, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Senin.

Ia menambahkan, berdasarkan data yang dimiliki oleh Dinas Sosial Provinsi Bali, di Nusa Penida terdapat 3.821 KK miskin dengan jumlah 12.699 jiwa.

Menurut dia, sesuai dengan protap penanggulangan bencana yang tertuang dalam Permensos RI Nomor 20 tahun 2012 khususnya untuk bencana kekeringan, bantuan tanggap darurat berupa beras diberikan untuk kebutuhan satu minggu atau tujuh hari.

"Satu orang mendapat jatah beras 400 gram per hari sehingga jumlahnya menjadi 35.557 ribu kilogram atau setara dengan 35,5 ton. Kami tahu kebutuhan yang paling mendasar bagi masyarakat miskin adalah beras atau pangan ini," katanya.

Sementara itu, Perbekel atau Kepala Desa Batununggul Wayan Sutama menyampaikan terima kasih atas bantuan beras dari Pemerintah Provinsi Bali untuk membantu warga desanya.

"Terima kasih atas perhatian terhadap bencana kekeringan sehingga kebutuhan pokok warga kami bisa terpenuhi," ucap Sutama.(LHS)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012