Jakarta (Antara Bali) - Sapi kurban yang diberikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memiliki berat 1,7 ton.

Ketua Badan Pelaksana dan Pengelola Masjid Istiqlal H Mubarok di Kompleks Istiqlal, Jakarta, Sabtu, mengatakan SBY memberikan sapi jenis limusin yang beratnya 1,7 ton.

"Waktu akad kurban pada Jumat (26/10) hanya disebutkan seberat satu ton, tapi setelah dipotong dan ditimbang totalnya 1,7 ton," kata Mubarok.

Selain dari SBY, Wakil Presiden Boediono juga memberikan sapi kurban seberat 921Kg melalui Masjid Istiqlal. "Kalau yang dari Wapres Boediono bukan jenis limusin," kata Mubarok.

Pada Idul Adha 1433 H, Panitia Kurban Masjid Istiqlal menerima 84 hewan ternak yang terdiri atas 47 sapi dan 37 kambing.

Mubarok mengatakan pemotongan hewan kurban tersebut dimulai pada Jumat (26/10) pukul 16.00 WIB hingga Sabtu pukul 00.30 WIB dengan jeda istirahat Shalat Maghrib dan Isya.

"Prosesnya terbilang cepat karena Jumlahnya memang berkurang jika dibandingkan tahun lalu yang mencapai 87 ekor," katanya.

Dari 84 ekor hewan kurban tersebut, panitia membagikan lima ribu kantong, yang masing-masing berisi satu kilogram daging kepada masyarakat.(LHS/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012