Kegiatan Indonesia Heart Bike 2022 yang dihelat Yayasan Jantung Indonesia (YJI) dengan bersepeda di Denpasar, Bali, Minggu, untuk memperingati World Health Day itu meng-konversi-kan setiap denyut jantung dari peserta, menjadi rupiah.

Wakil Gubernur Bali Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati yang membuka kegiatan itu memberi apresiasi, lantaran setiap rupiah yang dihasilkan akan digunakan untuk membiayai operasi anak-anak dengan Penyakit Jantung Bawaan (JPB) dari keluarga pra-sejahtera.

Dalam rangkaian World Heart Day yang jatuh pada 29 September 2022, dilaksanakan kegiatan daring/online dan offline dengan bersepeda di delapan kota di Tanah Air, diantaranya Denpasar, Medan, Jakarta, Bandung, Malang, Semarang, Surabaya dan Makassar.

"Jumlah peserta mencapai 300 hingga 400 orang dari berbagai elemen masyarakat," kata Ketua Yayasan Jantung Indonesia Bali, dr. I Ketut Rina, saat melapor kepada Wakil Gubernur Bali soal antusias masyarakat dalam mengikuti kegiatan di Lapangan Niti Mandala Renon itu.

Wakil Gubernur yang akrab dipanggil Cok Ace itu menilai kegiatan Indonesia Heart Bike tak hanya ajang untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan mutu kesehatan, namun juga sebagai ajang silaturahmi untuk berkumpul dan bertukar pengalaman.

Cok Ace meminta agar peserta patuh terhadap rambu lalu lintas selama kegiatan bersepeda. Selain itu, perayaan hari kesehatan dunia ini rangkaiannya tetap berlanjut dari 2 September-3 Oktober 2022.

"Mohon diikuti rambu-rambu lalu lintas karena beberapa ruas jalan sudah disiapkan untuk bersepeda. Mohon diperhatikan tata tertib lalu lintasnya," ujar Cok Ace.

Di kawasan Renon sendiri, tak hanya kegiatan dengan tagline "Siapkan Dirimu, Siapkan Sepedamu dan Donasikan Denyut Jantungmu" itu yang berlangsung, namun juga serentak dilaksanakan pembukaan Car Free Day atau hari bebas kendaraan.

Dengan itu, kegiatan Indonesia Heart Bike dilakukan bersamaan sejak pukul 6.00 WITA, dengan titik start di depan kantor Gubernur Bali, Civic Center Renon.

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022