Balikpapan (Antara Bali) - Kampus Institut Teknologi Kalimantan (ITK) yang menempati lahan seluas 300 hektare, akan menjadi perguruan tinggi terbesar di Asia.

"Bila sudah mencapai kapasitas penuh nantinya, kampus yang akan dibangun di Balikpapan Utara ini akan memiliki mahasiswa hingga 26.000 orang. Saat ini mahasiswanya baru 100 orang dan menumpang belajar di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Balikpapan Suryanto di Balikpapan, Selasa (16/10).

ITK akan menjadi kampus terbesar se-Asia berdasarkan luas lahan yang disediakan dan pembangunan tahap pertamanya dimulai November 2012. Tahap awal dibangun gedung empat lantai pada areal seluas 60 hektare.

Menurut Suryanto, pembangunan gedung tahap awal itu akan digunakan untuk perkantoran lima jurusan awal dan ruang perkuliahan. Pembangunan gedung ini direncanakan rampung tahun 2013 dan sudah bisa dipakai mulai semester ganjil tahun akademik 2013/2014.

Lima jurusan ITK tersebut adalah Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Perkapalan, Teknik Elektro, dan Teknik Kimia, katanya seraya menyebutkan, nantinya segera dilanjutkan tahap kedua penyelesaian pembebasan lahan seluas 240 hektare oleh Pemkot Balikpapan dan Pemprov Kaltim.(*/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012