Amlapura (Antara Bali) - Untuk pertama kalinya di Bali, Telkomsel mengimplementasikan layanan pesan singkat atau SMS untuk mendukung program administrasi di SMA Negeri 2 Amlapura, Kabupaten Karangasem.

Implementasi pemanfaatan teknologi serta layanan seluler yang dikemas dengan nama Telkomsel Sahabat Sekolah yang diluncurkan Sabtu itu, merupakan salah satu wujud kepedulian pada dunia pendidikan.

Menurut Manager Market Development Telkomsel Regional Bali Nusra Jeffry Lesmana, program yang dikelola Telkomsel Cabang Denpasar tersebut akan terus dikembangkan ke sekolah-sekolah lainnya di Bali.

"Dengan inovasi teknologi yang didukung jaringan berkualitas, kami siap mengimplementasi teknologi telekomunikasi pada dunia pendidikan, khususnya guna mendukung program administrasi sekolah (PAS) yang telah dicanangkan Depdiknas," katanya.

Melalui program SMS Sekolah, memungkinkan seluruh komunitas SMAN 2 Amlapura, baik siswa, orang tua maupun guru yang menggunakan kartuHALO, simPATI, dan Kartu As, mengakses 20 jenis informasi terkait sekolah tersebut.

Komunitas sekolah itu bisa mengetahui nilai ujian siswa, absensi kehadiran siswa, info pembayaran sumbangan pendidikan, kegiatan OSIS, penerimaan siswa baru dan lainnya melalui "pull SMS".

Guna mendukung kelancaran akses data yang diperlukan serta lebih mengapresiasi SMA Negeri 2 Amlapura sebagai pioner layanan SMS Sekolah, operator seluler ini juga menghibahkan satu unit mesin absensi.

Untuk menggunakan layanan SMS Sekolah, siswa dan orang tua murid dapat mengirimkan pesan dengan biaya Rp550/SMS. Caranya ketik: SMA SMANDAPURA kirim ke 9336.

Program di SMAN 2 Amlapura ini menyediakan 20 kata kunci data, yaitu kepsek, siswa, guru, rombel, rasio guru, rasio komp, NIS, ABS, BP3, nilai, nilaimata_pelajaran, wali, gurumatpel, DG, DP, PSB, UNMIN, UNMAX, dan PASS.

Kepala Sekolah SMAN 2 Amlapura Drs I Gede Ariyasa MPd, menilai layanan SMS Sekolah sangat bermanfaat dan akan memudahkan komunitas sekolah melakukan pengecekan berbagai hal. "Program ini membuat berbagai urusan menjadi lebih efisien dan efektif. Kami berharap nantinya dapat terus dikembangkan," ucapnya.

Menurut dia, mayoritas siswa juga telah tergabung dalam Telkomsel School Community, sehingga mereka akan terbantu untuk mengetahui berbagai hal secara cepat.

"Orang tua murid juga dapat setiap saat mengecek putra-putrinya, apakah benar masuk sekolah atau tidak. Kami dari pihak sekolah akan sangat terbantu," ujar Ariyasa, menambahkan.(*)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2009