Tim nasional Indonesia berada dalam Grup A Piala AFF 2022 bersama juara bertahan Thailand, Filipina, Kamboja dan pemenang kualifikasi antara Brunei Darussalam dan Timor Leste, menurut hasil pengundian fase grup yang dilakukan AFF di Bangkok, Selasa, seperti disiarkan laman AFF.

Perjumpaan dengan Thailand menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk mencatatkan kemenangan pertama atas tim berjuluk Gajah Perang itu sejak tahun 2016.

Terakhir kali Indonesia mampu menundukkan Thailand, negara dengan trofi juara Piala AFF terbanyak yakni enam piala, adalah ketika kedua tim bersua pada leg pertama final Piala AFF 2016, 14 Desember 2016, di Stadion Pakansari, Bogor.

Pertemuan terbaru kedua tim terjadi pada partai puncak Piala AFF 2020, di mana Thailand akhirnya keluar sebagai kampiun setelah mengungguli Indonesia pada pertandingan dua leg.

Skuad "Garuda" takluk 0-4 pada leg perdana dan leg kedua tuntas dengan hasil imbang 2-2.

Sebagai informasi, pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong juga belum pernah membawa skuadnya menang atas Thailand pada semua level umur tim nasional.


PSSI menargetkan Indonesia menjadi juara Piala AFF 2022. Andai berhasil mendapatkan prestasi itu, gelar tersebut akan menjadi yang pertama sepanjang sejarah bagi "Garuda".

Sejak Piala AFF digelar pertama kali pada tahun 1996, prestasi tertinggi Indonesia adalah menjadi peringkat kedua (runner up) yang diraih enam kali yakni pada tahun 2000, 2002, 2004, 2010, 2016 dan 2020.

 

Pewarta: Michael Siahaan

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022